as
as
Tekno  

Sebuah Ulasan Mengenai Xiaomi Mi Pad 3

xiaomi mi pad 3 review06 thumb 1

Koreri.com – Xiaomi sampai saat ini belum banyak merubah fitur-fitur di tablet Android buatannya yang merupakan produk pesaing iPad mini.

Beberapa waktu belakangan ini suplai tablet memang mengalami penurunan, terutama produk dengan sistem operasi Android.

Namun demikian, Xiaomi telah meluncurkan sebuah produk barunya di tahun ini dan diberi nama Xiaomi Mi Pad 3.

Berikut adalah ulasan yang dirangkum dari situs Tech Advisor untuk anda penggemar tablet.

Untuk kisaran harga, tablet ini dijual dikisaran harga Rp. 4.500.000 di pasaran Indonesia untuk versi 64GB.

Sesuai semboyannya, ‘Jika tidak rusak, jangan diutak-atik’, produk ini merupakan pemikiran Xiaomi yang ditonjolkan dalam produk terbarunya Mi Pad 3.

Untuk dimensi, spesifikasi Mi Pad 3 masih sama dengan model sebelumnya yaitu 200 x 133 x 7mm, namun yang membedakan, produk baru ini ternyata sedikit lebih berat dari pendahulunya.

Xiaomi Mi Pad 3 memang terasa mirip dengan iPad mini namun pada umumnya, semua tablet dengan ukuran kecil dan berbahan alumunium pun akan terasa seperti iPad mini juga.

Mungkin sedikit membosankan, tetapi Mi Pad 3 terlihat berkelas dan memberikan rasa premium ketika kita menggunakannya, terlebih dengan pilihan warna emasnya yang sangat menggoda.

Tablet Android ini sangat mudah digenggam dengan satu tangan, posisi kameranya sangat minimalis namun terasa masih licin dan mungkin saja bisa jatuh ketika dipegang.

Solusi terbaik adalah dengan menggunakan pelindung tablet khusus yang banyak dijual di pasaran.

Untuk layar yang digunakan, Xiaomi masih menggunakan jenis layar yang sama dengan pendahulunya di Mi Pad 3 dengan ukuran 7.9 inci dengan resolusi 1536 x 2048.

Sebaliknya, layar Apple menggunakan layar dengan kelas densitas pixel retina sebesar 326ppi.

Sekali lagi, tablet ini kontras, vibran dan memiliki sudut pandang yang bagus.

Ada banyak mode tersedia dalam tablet ini, walau tidak luar biasa, namun tablet ini juga dilengkapi dengan satu mode baca yang bisa mengontrol “blue light” yang dapat diakses lewat tombol akses cepat.

Jangan pernah kuatir karena pembaharuan sistem operasi tersedia dengan baik dan yang paling penting, tablet ini memiliki 64GB ruang penyimpanan internal dan sangat membantu kinerja prosesor tanpa adanya slot microSD.

Selain itu, Mi Pad 3 dilengkapi dengan prosesor hexa-core Mediatek MT8176 dan perangkat grafis PowerVR GX6250 GPU.

Memang tidak mudah membandingkan kinerja Mi Pad 3 dan Mi Pad 2 dengan aplikasi pengujian seperti Geekbench 3.

Merujuk ke situs pengujian tersebut, kedua tablet ternyata memiliki skor yang mirip dengan pengujian terkini menggunakan Geekbench 4.

Yang dipahami adalah, Mi Pad 3 tidak terlalu baik dalam hal kinerja grafis dan lemah dalam kualitas.

Namun demikian, diluar semua uji sintetik yang telah dilakukan, Mi Pad 3 ternyata masih cukup baik dalam tampilan grafis namun bukan yang tercepat.

Dibandingkan produk sebelumnya, Mi Pad 3 ternyata tidak memiliki fitur yang lebih modern seperti NFC dan pemindai sidik jari.

Sepertinya hal ini dilakukan untuk dapat menekan harga jualnya tetap rendah tanpa menghilangkan fitur seperti Bluetooth 4.1 dan juga Wi-Fi dual band-nya.

Selain itu, foto dengan Mi Pad 3 memberikan hasil yang cukup baik karena tablet ini telah meningkatkan kualitas kamera belakangnya dengan 13MP kamera dan dilengkapi apertur f/2.2.

Kinerja kamera tersebut adalah sebuah peningkatan tetapi masih belum terasa cukup apabila dibandingkan dengan 5MP kamera depannya.

Hal yang agak aneh adalah kurangnya fitur pengaturan dalam aplikasi kameranya – sebagai contoh, tombol aplikasi yang terhubung ke galeri foto, tidak bekerja ketika ditekan.

Untuk baterai yang digunakan, saat ini terdapat peningkatan ke 6600mAh dibandingkan pendahulunya yang hanya 6190mAh dan selain itu, tablet ini mampu mengisi daya dengan cepat.

Xiaomi mengklaim bahwa anda dapat menggunakan baterai tablet ini selama 12 jam untuk menonton video kesukaan anda tetapi dengan setingan layar yang lebih redup.

Dengan setingan yang tepat, setidaknya video dapat ditonton selama 8 jam atau 5 jam dengan setingan maksimum.

Tablet ini juga dilengkapi dengan sistem operasi Android 7.0 Nougat dan MIUI8, user interface terkini dari Xiaomi.

Memang tidak terlalu berbeda dari Mi Pad 2, namun kenyataannya adalah, kedua produk ini sangat mirip.

Semua aplikasi ditempatkan di layar utama seperti layaknya iOS dan merupakan masalah bagi anda yang menyukai tampilan gaya lama Android.

Notifikasi dropdown-nya sangat menarik dan sangat berguna dengan adanya elemen seperti pengaturan layar, kalender, kalkulator, jam serta kontrol musik.

Pada Mi Pad 3, tidak terdapat aplikasi yang memakai memori secara berlebih dan dilengkapi dengan SwiftKey.

Interface Xiaomi memang bukan untuk semua orang tetapi keindahan Android adalah setiap orang bisa menginstalasi tema yang berbeda untuk membuat tampilan tablet mereka menjadi tampil berbeda.

Apabila anda menginstalasi Google Now Launcher, anda akan merubah tampilan Mi Pad 3 menjadi seperti Nexus 7 yang baru.

Dari semua ulasan yang telah dibahas, sangat menggembirakan melihat satu lagi tablet Android yang dilepas ke pasaran walaupun Mi Pad 3 tidak terlalu berbeda dari pendahulunya dan sedikit mahal, namun produk ini adalah sebuah produk yang cukup baik bagi anda yang ingin memilikinya.

Berikut Spesifikasinya
Android 7.0 Nougat with MIUI 8.0
7.9in 2048×1536 IPS touchscreen, 326ppi
Mediatek MT8176 hexa-core processor
PowerVR GX6250 Graphics
4GB RAM
64GB storage
12Mp main camera
5Mp front camera
802.11ac dual-band Wi-Fi
Bluetooth 4.1
Type-C USB
6600mAh non-removable battery
133x200x7mm
328g

ARD

as