as
as

Kirim Marinir ke LCS: Kita Harus Tunjukkan Kehebatan AS ke China

parachute 1416417 960 720

Koreri.com – Menggunakan sebuah strategi pada Perang Dunia II, Marinir Amerika Serikat kembali pertajam taktik merebut pulau-pulau kecil dengan berlatih di Pulau Iejima, Jepang.

Walau latihan itu tidak ditujukkan langsung kepada Beijing, namun seorang Jenderal Korps Angkatan Laut AS, Joseph Dunford mengakui bahwa latihan tersebut sangat penting untuk menunjukkan kepada China keperkasaan dan dominasi AS.

“Hal ini penting bagi kami untuk dapat memproyeksikan kekuatan kami dalam konteks China,” ujar Jenderal Dunford.

“Jika anda melihat pada gugus kepulauan di Laut China Selatan (LCS) dan terhadap Pasifik sebagai platform dimana kita dapat memproyeksikan kekuatan kami, hal tersebut akan menjadi sebuah misi bersejarah bagi korps marinir dan yang paling relevan dalam skenario China.

Beijing telah mencoba meningkatkan dominasinya di wilayah LCS dengan cara sepihak mengklaim beberapa pulau di wilayah itu dan termasuk membuat marka baru yang disebut sembilan garis putus-putus (nine-dotted line).

Dengan strategi itu, Beijing memicu kemarahan negara-negara tetangganya, termasuk ketegangan dengan Filipina dan Vietnam akibat pencaplokan Kepulauan Spratly dan Paracel.

Tahun lalu, Letnan Jenderal Kenneth McKenzie memperingatkan Beijing dengan mengonfirmasi kehadiran kembali militer AS di LCS.

Ia mengatakan,” Saya ingin menegaskan bahwa Militer AS sangat berpengalaman dalam merebut pulau-pulau kecil di wilayah Pasifik Barat.”

Beberapa waktu lalu, Menteri Luar Negeri AS, Mike Pompeo juga mengutuk pembangunan pulau buatan secara ilegal oleh China di lautan internasional” setelah pembangunan mulai kembali dilakukan di Kepulauan Woody, Tree dan Drummond.

VLR

Sumber: express.co.uk

as