NASA Berhasil Reposisi Helikopternya di Planet Mars

Ilustrasi: Ingenuity sedang terbang di Mars | Kredit: NASA

Koreri.com – Badan antariksa Amerika Serikat NASA berhasil mendaratkan dan mereposisi helikopter tanpa awak yang dinamakan Ingenuity di Mars.

Helikopter tersebut dikirim ke Mars bersama kendaraan jelajah Perseverance yang mendarat beberapa waktu lalu di Planet Merah.

Mars helikopter tersebut akan melakukan uji terbang di panet itu dan sekaligus menjadi sebuah rekor manusia untuk pertama kalinya bisa menerbangkan sebuah drone di planet lain.

Rencananya pada tanggal 11 April atau setelahnya, Ingenuity akan melakukan terbang perdana di planet yang memiliki atmosfer sangat tipis tersebut.

Josh Ravich dari NASA mengatakan bahwa Ingenuity didesain untuk tetap hangat menggunakan baterai tenaga matahari untuk mengantisipasi cuaca Mars yang tidak menentu antara malam dan siang hari.

Seperti diketahui, Ingenuity walaupun ditujukan sebagai demonstrasi teknologi untuk membuktikan bahwa para ilmuwan mampu menerbangkan sebuah pesawat di Mars yang memiliki atmosfer hanya 1% densitasnya dibandingkan bumi, namun drone tersebut juga dilengkapi dengan kamera yang mampu mengirimkan data ke kendaraan jelajah Perseverance sebagai pemancar yang akan diteruskan ke bumi.

Jika segala sesuatunya berjalan lancar, Ingenuity dapat menjadi basis bagi fabrikasi drone luar angkasa yang memiliki keunggulan dibanding kendaraan jelajah yang bergerak sangat lambat.

AND

Sumber: Mashable