as
as

Bougainville Proyeksi Pemerintahan Sendiri Mulai 2022

papua new guinea 162387 1280 copy

Koreri.com – Presiden Bougainville Ishmael Toroama telah meminta agar wilayahnya yang saat ini berstatus otonomi dalam kerangka negara PNG akan berdiri sendiri sebagai sebuah negara mulai tahun depan.

Toroama mengatakan bahwa hal tersebut telah disampaikannya kepada James Marape, Perdana Menteri PNG selama pembicaraan keduanya bulan lalu.

Pembicaraan tersebut merupakan langkah terkini dalam konsultasi antara kedua belah pihak terkait hasil referendm Bougainville yang dilakukan pada 2019 lalu.

Seperti diketahui, pada saat proses referendum berakhir, hasilnya menunjukkan bahwa 97.7% rakyat kepulauan itu meminta daerah otonom itu harus berdiri sendiri sebagai negara berdaulat.

Namun demikian, parlemen PNG harus meratifikasi hasil tersebut agar dapat segera diterapkan.

Dalam pembicaraan yang berlangsung, Toroama menyampaikan kepada Marape dan delegasinya bahwa Bougainville seharusnya bisa berdaulat sebagai negara sendiri pada 2025 mendatang.

Walau PNG menolak untuk berkomitmen atas kerangka waktu bagi berdirinya negara termuda di dunia itu, pemerintahan otonom Bougainville tetap fokus pada momentum persiapan berdirinya negara yang sudah mereka impikan sejak lama.

Toroama saat ini sedang giat-giatnya mendesak semua kalangan pemerintahan otonomnya melakukan praktis-praktis sebagai sebuah negara berdaulat sebelum negara itu terbentuk penuh sesuai rencana.

Minggu lalu di Bougainville Ia meluncurkan sebuah lembaga yang disebut “Misi Kesiapan Berdirinya Negara” bagi tiga wilayah konstituen di wilayah otonom itu.

Pada kegiatan yang dilakukan di wilayah Lato, Ramu dan Kopi, sang presiden memaparkan kerangka waktu menuju negara baru bagi Bougainville.

Presiden Toroama mengatakan bahwa jalan menjadi sebuah negara tidaklah mudah tapi hasil referendum jelas menunjukkan harapan besar masyarakat untuk menjadi negara berdaulat.

Ia mendesak agar semua kalangan masyarakat bersatu, bekerja keras dan tetap kuat untuk mencapai cita-cita politik Bougainville.

VLJ

Sumber: RNZ

as