as
as

4 Pesan Penting Wapres RI untuk Percepatan Pembangunan Papua

Wapres RI Luncurkan RIPPP SIPPP
Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin saat menyampaikan sambutan pada acara peluncuran RIPPP 2022-2041 dan SIPPP di Aston Hotel Sorong, Papua Barat Daya, Jumat (7/6/2024) / Foto : Suzan

Koreri.com, Sorong – Wakil Presiden RI Maruf Amin secara resmi melaunching Rencana Induk Percepatan Pembangunan Papua (RIPPP) 2022 – 2024 dan Sistem Informasi Percepatan Pembangunan Papua (SIPPP) di Aston Sorong Hotel & Conference Center, Jumat (7/6/2024).

Wapres dalam peluncuran platform tersebut didampingi Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa, Wakil Menteri Dalam Negeri John Wempi Wetipo dan sejumlah pejabat daerah di Tanah Papua.

Sebagai platform terpadu percepatan pembangunan, RIPPP 2022-2041 dan SIPPP menjadi kompas pembangunan jangka panjang wilayah Papua.

Kaitannya dengan itu, Wapres kemudian menyampaikan menyampaikan beberapa pesan bagi percepatan pembangunan Papua.

Pertama, susun dan implementasikan desain program-program komprehensif yang berdampak langsung bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat di dalam kerangka RIPPP 2022-2041.

Pastikan perencanaan dan penganggaran program-program ini dilakukan dengan mempertimbangkan kebutuhan masyarakat OAP, dan fokuskan pada upaya peningkatan kualitas pendidikan, penurunan kemiskinan ekstrem, dan penanggulangan stunting, sehingga mampu meningkatkan taraf dan kualitas hidup masyarakat Papua.

Upaya implementasi program-program tentu saja perlu didukung penguatan koordinasi, sinergi, kolaborasi, dan kerja sama antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, sektor swasta, dan masyarakat.

Kedua, optimalkan pemanfaatan SIPPP.

SIPPP tidak hanya menjadi alat dalam pemantauan dan evaluasi percepatan pembangunan dan otonomi khusus Papua, tetapi juga sebagai pendorong langkah-langkah konsolidasi, sinkronisasi, dan harmonisasi seluruh data dan informasi perencanaan pembangunan Papua yang terintegrasi.

Ketiga, perluas pelibatan OAP dalam penyusunan rencana aksi pembangunan percepatan Papua setiap periodenya demi memastikan terakomodasinya aspirasi dan kebutuhan masyarakat Papua.

Keempat, pastikan proses percepatan pembangunan yang sedang berlangsung dapat berjalan dengan efektif dan berkelanjutan.

“Saya harap seluruh pemangku kepentingan dapat melaksanakan tugas ini dengan penuh tanggung jawab dan integritas,” tandasnya.

Wapres juga mengajak seluruh komponen masyarakat di Papua untuk bersama-sama mewujudkan Papua yang Sehat, Cerdas, dan Produktif.

ZAN

as

as