as
as

PUPR lanjutkan pengembangan Zona Sub Inti Skouw

Sub Zona Inti Skouw KORERI 1

Koreri.com, Jayapura (22/4) – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Cipta Karya telah merampungkan pembangunan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Skouw.

Pekerjaan saat ini dilanjutkan dengan pengembangan Zona Sub Inti dan Pendukung kawasan perbatasan Skouw yang berada di Distrik Muara Tami, Kota Jayapura.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, pembangunan lanjutan tersebut sebagai realisasi janji dan perintah Presiden Joko Widodo untuk menjadikan kawasan tersebut sebagai embrio pusat pertumbuhan ekonomi yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat perbatasan.

Fasilitas yang dibangun sesuai rilis Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR yang diterima media ini, diantaranya rumah dinas pegawai, wisma Indonesia, gedung serbaguna, pasar perbatasan, dan fasilitas umum (rest area, ATM Center, Masjid, Gereja).

Kemudian, fasilitas sosial seperti plaza dan ruang terbuka hijau, gedung serbaguna, foodcourt, parkir kendaraan, mess pegawai, serta Pos Pamtas TNI/Polri.

Sedangkan untuk pasar sendiri, sebanyak 304 kios dan sudah dikontrak baik pasar yang terdiri dari kios basah maupun kios kering, sedangkan kios yang terbuka yang tidak pakai atap penutup berjumlah 50 buah.

“Pengaturan dan pembagian kiosnya sendiri nanti akan diatur oleh Dinas Perdagangan Provinsi Papua. Jadi sudah di data untuk para pedagang pasar awal, akan tetapi tidak menutup kemungkinan adanya pedagang tambahan juga,” kata Menteri Basuki.

Pada kawasan perbatasan Skouw juga telah dibangun 50 unit rumah khusus bagi masyarakat perbatasan di Kampung Skouw, Distrik Muara Tami.

Selain itu, revitalisasi rumah khusus sebanyak 50 unit rumah PNS di Kampung Skouw Mabo, pada yang sama dengan tipe 36 yang terdiri dari 2 kamar tidur, 1 kamar mandi dan 1 ruang tamu, dan dilengkapi dengan jalan lingkungan, air bersih, sanitasi, drainase dan listrik.

Selain itu juga dikembangkan infrastruktur permukiman di sekitar perbatasan berupa Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) 50 liter/detik antara lain untuk melayani 577 sambungan rumah.

Pengembangan kawasan PLBN Skouw juga didukung oleh pembangunan Jembatan Hamadi Holtekamp yang akan mempercepat waktu tempuh dari Kota Jayapura ke perbatasan RI – PNG.

HRZ

as