as
as

Amankan Batas RI – PNG, Satgas TNI Laksanakan Patroli Patok

Satgas TNI Patroli Patok Negara

Koreri.com, Merauke – Satgas Pamtas Yonif 611/Awang Long Pos Komando Utama (Kout) Sota melaksanakan patroli untuk mengetahui kondisi dan keberadaan patok perbatasan Negara RI dan PNG di wilayah Sota Merauke, Kamis (22/4/2021).

Dansatgas Letkol Inf Albert Frantesca dalam rilisnya membenarkan itu.

“Prajurit  Yonif 611/Awang Long telah melaksanakan patroli patok perbatasan kedua Negara yaitu RI dan PNG di Sota Merauke guna meyakinkan tidak ada pergerseran patok,” ungkapnya.

Dansatgas menambahkan bahwa meskipun pada April ini cuaca di sebagian wilayah Indonesia sedang dilanda musim penghujan, namun hal itu tidak menyurutkan niat dan semangat dari personel Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 611/Awang Long Pos Kout Sota.

“Personel kami tetap semangat bertugas melaksanakan patroli meskipun cuaca sering kali hujan untuk melaksanakan kegiatan patroli patok perbatasan di sepanjang wilayah perbatasan RI-PNG,” tandasnya.

Lettu Ctp. Yudi yang memimpin patroli menjelaskan situasi dan kondisi cuaca cukup ekstrim dan berat.

“Cuaca sering hujan mengakibatkan jalan untuk menuju patok batas digenangin air, karena kondisi medan yang berupa rawa-rawa sehingga sulit untuk dilintasi,” akuinya.

Lebih lanjut, Lettu Yudi mengatakan patroli dilakukan untuk mengecek dan meninjau secara langsung keadaan dari patok-patok batas negara seperti PBN (Pilar Batas Negara), BSP (Border Sign Post) maupun CBDRF (Common Border Datum Reference Frame).

“Jika terdapat beberapa patok yang mengalami kerusakan atau bergeser dari tempat semula maka di situlah tugas kami untuk mendata serta melaporkan kondisi tersebut sesuai dengan protap Satgas yang berlaku,” pungkasnya.

RIS

as