as
as

Warga Apresiasi Program TMMD di Papua

Rumah TMMD 111 Biak

Koreri.com, Jayapura – Program TNI Manunggal Membangun Desa ke-111 TA 2021 di Provinsi Papua yang dilaksanakan oleh Kodim 1708/BN dan Kodim 1712/Sarmi  mendapat apresiasi dari warga.

Progrma TMMD tahun ini berlokasi di Kabupaten Biak Numfor dan Sarmi.

Demikian keterangan yang disampaikan Kapendam XVII/Cenderawasih Kolonel Arm Reza Nur Patria, S.E., M.Si (Han) dalam rilisnya, Kamis (8/7/2012).

Kapendam menjelaskan bahwa hasil capaian pembangunan sasaran fisik dan non fisik memperlihatkan kemajuan yang signifikan.

“Satgas TMMD ke-111 di dua tempat yaitu wilayah Kodim 1708/BN dan Kodim 1712/Sarmi, menunjukkan keberhasilan secara nyata dalam mendukung pemerataan dan percepatan pembangunan di wilayah Papua,” jelasnya.

Lebih lanjut, dirincikan Kapendam, pembangunan sasaran fisik dari program TMMD ke 111 Kodim 1708/BN dan 1712/Sarmi meliputi pembangunan rumah, Gereja, Balai Kampung dan pembuatan Jamban.

“Untuk pembangunan sasaran fisik Kodim 1708/BN terdiri dari pembangunan 10 rumah dan 20 jamban telah mencapai target, baik waktu dan pengerjaannya. Sedangkan yang masih dalam pengerjaan di lokasi tersebut yaitu pemasangan instalasi air, instalasi listrik, plafon dan pengecatan di tiap-tiap sasaran,” rincinya.

Sedangkan pembangunan sasaran fisik TMMD ke-111 di Kodim 1712/Sarmi yang berlokasi di Kampung Dorba Distrik Pantai Timur yaitu pembangunan Gereja 1 unit telah mencapai 88 persen, Balai Kampung 1 unit telah mencapai 85 persen, pembangunan rumah 1 unit mencapai 88 persen.

“Sedangkan yang masih dalam pengerjaan yaitu pemasangan keramik, pelesteran dinding rumah, pemasangan plafon, pengecatan rumah dan pemasangan atap,” tambahnya.

Kapendam menyebutkan selain pembangunan sasaran fisik, di kedua lokasi tersebut juga melaksanakan kegiatan non fisik yang melibatkan dinas terkait dari Pemda Kabupaten Biak Numfor dan Sarmi dengan melaksanakan sosialisasi dan pembekalan sesuai bidang dan kewenangan masing-masing kepada masyarakat

“Partisipasi warga dalam mengikuti kegiatan Non Fisik berupa sosialisasi dan pembekalan juga sangat baik dan diikuti dengan antusias. Ini menunjukkan bahwa sinergitas di TNI, Polri, Pemda dan elemen lainnya beserta warga terjalin baik. Tentunya memiliki dampak positif dalam mendukung percepatan pembangunan di Provinsi Papua,” tandas Kapendam.

Terpisah, Manawir Yopi Smas pemilik rumah yang dijadikan sasaran pembangunan TMMD di Biak Numfor dan Obet Ansak di Sarmi, mengapresiasi program TMMD 111.

“Saya sangat bersyukur dan senang atas adanya program TMMD, khususnya di Kampung ini. Dengan adanya ini, saya dapat melihat dan merasakan secara langsung hasilnya, yaitu  rumah milik saya dan warga lainnya dijadikan sasaran pembangunan TMMD” ucap Yopi Smas.

“Terima kasih atas semua ini, semoga Tuhan Yang Maha Esa selalu memberkati kepada personel Satgas TMMD ke-111 yang telah membantu warga kampung ini,” pungkasnya.

SEO

as