as
as

Program 100 Hari Kerja, Bupati – Wabup Bursel Mulai Berkantor di Kecamatan

Bupati Safitri 100 Hari Kerja di Waesama
Bupati Buru Selatan Safitri Malik Soulisa

Koreri.com, Namrole – Bupati Buru Selatan Safitri Malik Soulisa dan wakilnya Gerson Eliezer Selsily   mulai berkantor di Kecamatan-Kecamatan sesuai janji politik mereka saat berkampanye lalu.

Keduanya memulai itu dari Kecamatan Waesama, sejak Senin (21/8./2021).

Turut serta dalam pelaksanaan program 100 Hari Kerja SMS-GES ini, Sekda Iskandar Walla, para Asisten dan Staf Ahli, serta seluruh pimpinan OPD dan Staf, berkantor selama tiga hari di kecamatan Waesama.

Untuk kelancaran program 100 Hari Kerja, keduanya bersama seluruh pejabat menginap di rumah-rumah warga di desa Wamsisi sebagai pusat ibukota Kecamatan Waesama.

Awali kerja pemerintahan di Kantor Kecamatan Waesama, Bupati dan Wabup melaksanakan launching vaksinasi massal dan pemberian makanan tambahan bagi balita.

Bupati Safitri pada kesempatan itu, menyampaikan bahwa menjaga kesehatan sama saja dengan berinvestasi, walaupun tak menghasilkan keuntungan material, dampaknya lebih berharga dari pada materi.

“Karena menyangkut kesehatan diri bahkan juga orang lain,” tekannya.

Dikatakan, vaksinasi lebih dikenal dengan dengan istilah pemberian vaksin, merupakan tindakan pencegahan atas penyakit menular yang menimpah makhluk hidup.

Vaksin lanjutnya, juga memiliki kekebalan dan ketahanan dalam tubuh dan perlindungan yang paling baik dari infeksi virus serta berbagai jenis virus.

“Pemberian vaksin juga dapat membantu penyebaran penyakit lainnya,” kata sambungnya.

Lanjutnya, juga melindungi resiko kematian dan cacat pemberian vaksin, terbukti dapat menurunkan resiko berbagai penyakit yang dapat menyebabkan kematian ataupun kecacatan.

“Pemberian vaksin merupakan salah satu investasi kesehatan yang paling murah karena terbukti dapat mencegah kesakitan, kematian, cacat akibat suatu penyakit,” cetusnya.

Bupati Safitri mengatakan, sehat didalam keluarga itu dalam arti sehat mentalnya juga, karena banyak sekali orang sehat secara fisik namun mentalnya yang terganggu.

Dia mengaku sudah meminta dari Dinas Kesehatan Provinsi Maluku terkatt tenaga kesehatan untuk masalah psikiater dan beberapa tenaga dokter.

“Saya dan wakil bupati datang ke sini, terima kasih atas sambutannya, dan sekarang wajah kantor camat sudah berubah. Kita mencoba tepati janji-janji kampanye kita,” tandasnya.

Kepala Dinkes setempat Ibrahim Banda dalam laporannya menyampaikan, dalam rangka program 100 hari kerja di kecamatan Waesama, diprioritaskan beberapa kegiatan diantaranya launching vaksinasi kepada masyarakat dan pelayanan penanganan Covid-19.

“Dan berikutnya pemberian makanan tambahan (PMT) bagi balita dan ibu hamil, pelaksanaan hari ini,” rincinya.

Lanjut Banda, di kecamatan Waesama ada dua pos pelayanan vaksinasi yaitu di Puskesmas Waetawa dan Puskesmas Perawatan Wamsisi, dan hingga saat ini berjalan baik

Untuk tenaga kesehatan sebut Banda, dokter 2 orang pada pos masing-masing, vaksinator 11 orang.

“Launching vaksinasi tingkat kabupaten selesai, kita mengalami peningkatan, yang tadinya 2000-an sekarang suda 7000-an setelah launching kabupaten,” ujar Banda.

Target vaksinasi 2000 lebih, kata Banda akan terjadi peningkatan lebih dari target itu.

“Karena sampai sekarang suda 1000 orang lebih, dan Kuta akan rencanakan vaksinasi di semua kecamatan,” pungkas Banda.

Pada sambutan Camat Kecamatan Ahmad Wael menegaskan pihaknya bersama masyarakat sangat mendukung program program 100 hari kerja Bupati dan Wabup Bursel.

JFL

as