as
as
Fokus  

Bentuk Satgas Khusus, Basarnas Ambon Siagakan Alat dan Personil

Basarnas Ambon Satgas Khusus Lebaran

Koreri.com, Ambon – Basarnas Ambon membentuk Satgas SAR Khusus menjelang Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1443 H Tahun 2022.

Kemudian dilanjutkan dengan menggelar apel kesiagaan pasukan Satgas yang diikuti oleh seluruh staf maupun pejabat  di lapangan serbaguna Kantor SAR Ambon pada pukul 07.30 WIT.

Siaga SAR bertujuan mendukung pengendalian dan pengaturan jasa transportasi khususnya di wilayah Maluku dan sekitarnya jelang Hari Raya Idul Fitri Tahun 2022.

Tak hanya SDM, Basarnas Ambon juga menyiagakan alat utama berupa KN SAR Abimanyu, KN SAR Bharata, Rigit Inflatable Boat (RIB), Rescue Car, Rescue Truck, dan peralatan emergency kit (Medis).

Sebanyak 107 personil baik di Unit Siaga SAR Dobo, Pos SAR Saumlaki, Pos SAR Tual, Pos SAR Banda, dan Pos SAR Namlea disiagakan di tempat-tempat yang rawan terjadi musibah seperti tempat-tempat wisata, pelabuhan, dan bandara.

Pelaksanaan Siaga SAR Khusus Lebaran Tahun 2022 dilaksanakan selama 21 hari dimulai dari tanggal 22 April – 12 Mei 2022.

Basarnas melaksanakan Siaga SAR Khusus tahun ini dengan tujuan terwujudnya pelayanan SAR yang cepat, tepat, aman dan handal ( Quick Response SAR ).

Dalam arahannya Kepala BASARNAS Ambon mengatakan pihaknya akan tetap fokus pada penanganan kecelakaan sesuai dengan apa yang menjadi tupoksi dari Basarnas.

“Namun kita juga jangan lengah, karena tupoksi Basarnas tidak hanya pada Siaga SAR Khusus Lebaran saja, tapi juga masih banyak potensi terjadi kecelakaan dan bencana yang memerlukan perhatian kita,” pungkasnya.

Setelah Apel Gelar Pasukan, Kepala Basarnas Ambon melepas konvoi kendaraan dan personil yang terlibat dalam Siaga SAR Khusus Lebaran tahun ini.

JFL

as