Legislator Papua : Pusat Segera Percepat Proses Karateker Gubernur 3 DOB

Koreri.com, Jayapura – Legislator Papua Thomas Sondegau meminta Pemerintah pusat melalui Kementerian Dalam Negeri untuk segera memproses pelantikan karateker Gubernur di tiga Daerah Otonomi Baru (DOB).

Ketiganya masing-masing Provinsi Papua Tengah, Papua Pegunungan dan Papua Selatan.

Menurut Thomas, sesuai dengan amanat Undang-undang bahwa sebelum 6 bulan harus ada pelantikan karateker. Selanjutnya, karateker akan mempersiapkan satu tahun atau satu setengah tahun ke depan untuk pemilihan pada 2024 mendatang.

“Nah, kami harap dan kami minta Pemerintah pusat untuk segera setelah 17-an selesai dapat mempercepat pelantikan karateker,” imbuhnya kepada wartawan di Jayapura, Senin (15/8/2022).

Untuk masalah karateker, tegas Thomas, harus orang asli Papua (OAP) yang jabatan dan golongannya sesuai UU di tingkat Kementerian.

“Tapi, kalau negara kasih yah silahkan saja karena itu kepentingan negara untuk pembangunan Papua lebih baik sehingga masyarakat terima saja. Untuk tingkat karakter Gubernur ini dari pusat eselon 1 yang hari ini ada untuk orang kita dialah Felix Wanggai,” ungkapnya.

“Kalau pensiunan TNI – Polri, saya pikir dia akan bersaing untuk Gubernurnya. Tapi kalau karateker, siapapun dia, saya minta segera setelah 17-an selesai negara ambil alih untuk segera pelantikan karateker jadi jangan tunggu-tunggu,” sambung Thomas.

Dia berharap dalam suasana yang sudah berjalan baik ini, karateker Gubernur 3 DOB dapat segera dilantik.

“Jangan suasana yang tadinya sudah bagus untuk kepentingan negara lalu kemudian berubah lagi karena kepentingan orang-orang tertentu masing-masing bawa dia punya usulan karateker ke pusat sehingga pelantikan ini tidak jadi-jadi,” harapnya.

Presiden desak Thomas, harus segera mengeluarkan kebijakan agar secepatnya dilakukan penunjukkan karateker Gubernur unruk mempersiapkan segala sesuatunya.

SEO