Bawaslu Papua Barat Respon Baik Persiapan Partai NasDem Jelang Pemilu 2024

Komisioner Bawaslu Papua Barat Agustinus Simson Naa,S.T menyerahkan dokumen kepada DPW Partai Partai NasDem Papua Barat, Kamis (25/8/2022).(Foto : KENN)

Koreri.com, Manokwari – Jelang pelaksanaan pemilihan umum serentak 2024, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Papua Barat menggelar sosialisasi kepada partai politik yang sudah mendaftar di KPU sebagai calon peserta pemilu.

Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Partai NasDem Provinsi Papua Barat dikunjungi Bawaslu dengan agenda silaturahmi, Kamis (25/8/2022).

Tim Bawaslu dipimpin Kordinator divisi penyelesaian sengketa Agustinus Simson Naa,S.T didampingi staf, disambut Ketua DPW Partai NasDem Drs Dominggus Mandacan,M.Si diwakili Ketua Bappilu Saul Rante Lembang, S.T.,M.M, Ketua DPD NasDem Kota Sorong Ranley H.L. Mansawan,S.E, ketua DPD NasDem Teluk Bintuni Ir Petrus Kasihiw,M.T bersama sejumlah kader parpol pengusung politik tanpa mahar.

Komisioner Bawaslu Papua Barat Agustinus Simson Naa,S.T kepada wartawan mengatakan, agenda silaturahmi ini pihaknya menyampaikan himbauan-himbauan terkait dengan tahapan verifikasi administrasi melalui SIPOL, kemudian perbaikan.

Kemudian tahapan verifikasi faktual terhadap partai politik yang belum memenuhi ambang batas Parlemen Threshold 4 persen di DPR RI.

“Harapan kami kaka-kaka di Partai NasDem bisa melihat terkait dengan verifikasi administrasi mungkin ada kegandaan internal keanggotaan partai politik, kegandaan antar partai, hal-hal itu yang perlu diperhatikan sehingga bisa diselesaikan supaya pada saat rekapitulasi semua bisa berjalan dengan baik,” ucap Agus Naa saat menyampaikan keterangan persnya.

Dalam penjelasan Agus Naa bahwa Partai NasDem sudah siap 100 persen untuk mengikuti semua tahapan termasuk verifikasi faktual, padahal partai besutan Surya Paloh ini memenuhi ambang batas Parlemen Threshold 4 persen di DPR RI.

Agus Naa apresiasi kesiapan partai NasDem 100 memghadapi semua tahapan verifikasi padahal partai mengusung restorasi gerakan perubahan ini hanya pada verifikasi administrasi.

“Artinya persiapan partai NasDem ini sudah sangat baik, sehingga kami yakin siap mengikuti semua tahapan hingga pemilu nanti,” ucap Agus Naa.

Ketua DPW Partai NasDem Provinsi Papua Barat Drs Dominggus Mandacan,M.Si yang diwakili Ketua Bappilu Saul Rante Lembang,S.T.,M.M mengapresiasi agenda Bawaslu dalam rangka jemput bola, mengantisipasi pencegahan dini sengketa dengan mendatangi semua partai politik tingkat Provinsi Papua Barat.

Ketua fraksi NasDem DPR Papua Barat ini berharap itu berharap Bawaslu bersikap adil dan independen dalam pelaksanan verifikasi hingga pemilu nanti.

“Kami ingin Bawaslu ketika ada regulasi terbaru agar bisa diinformasikan kepada semua partai politik supaya menjadi acuan parpol kedepan untuk berjuang dalam rel dari KPU, Bawaslu dan UU yang ada,” sahut Lembang.

Ketua DPD Partai NasDem Kabupaten Teluk Bintuni Ir Petrus Kasihiw,M.T mengatakan, sosialisasi yang dilakukan Bawaslu sangat penting untuk mendapat saran atau masuk demi kepentingan partai NasDem dalam menghadapi pemilu 2024 nanti.

“Kita (Partai NasDem) respon dengan baik agar segala sesuatu yang berkaitan dengan tahapan-tahapan sampai nanti verifikasi administrasi dan faktual berjalan dengan baik, dengan target hasilnya Partai NasDem lolos sebagai salah satu kontestasi politik 2024, artinya kita benahi semua sehingga targetnya menang,” sahutnya.

KENN