as
as
Fokus  

Bawaslu Diharapkan Kerja Cepat dan Tegas Awasi Tahapan Pemilu

WhatsApp Image 2022 08 29 at 17.32.30
Rapat Koordinasi Persiapan Verifikasi Faktual Bagi Bawaslu Kabupaten/ Kota se-Papua Barat di Mansinam Hotel Manokwari, Senin (29/8/2022).(Foto : istimewa)

Koreri.com, Manokwari– Ketua Bawaslu Papua Barat Ibnu Mas’ud mengharapkan kerja cepat dan tegas Anggota Bawaslu di Kabupaten/Kota dalam mengawasi proses tahapan Pemilihan Serentak 2024.

Penegasan ini disampaikan Ibnu Mas’ud dalam Rapat Koordinasi (Rakor) Persiapan Verifikasi Faktual yang diikuti Bawaslu Kabupaten/Kota se-Provinsi Papua Barat  di Mansinam Beach Hotel Manokwari, Senin (29/8/2022).

“Saya harap,kita bisa menyesuaikan diri dalam tugas di setiap divisi, sehingga kita dapat kerja cepat dan tegas, juga kolektif kolegial,”tegas Ibnu dalam sambutannya.

Bersamaan dengan itu, Ibnu meminta agar setiap anggota tetap solid dalam bekerja dan saling menopang. Dan jikalau terdapat persoalan dapat diselesaikan secara internal atau dalam rapat pleno.

Dengan ritme kerja yang seperti itu, ia optimis kerja-kerja pengawasan dapat berjalan dengan baik tanpa menimbulkan masalah, sehingga semangat kebersamaan dapat terjalin baik, bukan hanya secara kelembagaan, tetapi juga dengan sesama penyelenggara (KPU).

“Teman teman harus bisa menjaga ritme kerja dan kebersamaan, pasti aman-aman saja. Kita juga harus saling bantu, dan juga tetap jalin komunikasi yang baik dengan KPU dalam melaksanakan tugas,” pungkas Ibnu Mas’ud saat membuka Rakor.

Sebelumnya, anggota Bawaslu Papua Barat di antaranya Nazil Hilmie, Abraham Ramandei, dan Agustinus Simson Naa, telah menjelaskan dengan detail terkait evaluasi tahapan pengawasan verifikasi administrasi dan persiapan tahapan verifikasi faktual partai politik calon peserta Pemilu 2024.

Abraham Ramandei mengatakan apabila ada nama staf atau anggota Bawaslu yang dicatut dalam Sipol (Sistem informasi partai politik) agar segera diklarifikasi dan kemudian dilaporkan ke KPU agar nama tersebut dihapus.

Sementara terkait persiapan rekrutmen Panitia Pengawas Pemilu Adhoc di Bawaslu Kabupaten dan kota se-Papua Barat, Anggota Bawaslu Papua Barat, Marlenny Momot berharap dalam proses seleksi yang akan datang, anggota Bawaslu Kab/Kota lebih bijak dalam seleksi dan selalu berpatokan pada ketentuan Undang-undang.

Melengkapi itu, Kepala Sekretariat Papua Barat, Benediktus Wahon dalam sesi pembahasan dana hibah Pemilihan Serentak 2024, mengingatkan kepada BawasluKab/Kota agar tertib administrasi.

Dengan mencontoh, Bawaslu Kota Sorong, Teluk Wondama dan Raja Ampat agar menjadi semangat bagi Bawaslu Kab/kota yang lain, Beni berharap kerja sekretariat tetap mendukung kerja-kerja di setiap divisi dengan langkah kolektif kolegial.

RLS

as