as
as

Forkopimda Teluk Bintuni Gelar Rakor Maksimalkan Persiapan Kunjungan Wapres

IMG 20230616 WA0019
Bupati Teluk Bintuni Ir. Petrus Kasihiw, M.T pimpin rapat koordinasi terkait kunjungan Wapres Ma'aruf Amin di Kabupaten Teluk Bintuni. Jumat (16/6/2023) / Foto : KENN

Koreri.com, Manokwari – Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Teluk Bintuni menggelar rapat koordinasi (Rakor) dalam rangka persiapan kunjungan Wakil Presiden RI KH. Ma’aruf Amin ke wilayah tersebut.

Rakor tersebut dipimpin langsung Bupati Ir. Petrus Kasihiw, M.T yang turut dihadiri unsur Forkopimda dan pimpinan OPD di lingkup pemerintahan Kabupaten Teluk Bintuni serta stakeholder berlangsung di Manokwari, Provinsi Papua Barat, Jumat (16/6/2023).

Bupati Petrus mengatakan bahwa kunjungan Wapres RI ke negeri Sisar Matiti merupakan kerinduannya sejak lama.

Dimana pada saat kunjungan RI 2 ke Kabupaten Kaimana pada 2021 lalu, Bupati Kasihiw tidak hadir karena agendanya cukup padat sehingga berharap Wapres Ma’aruf Amin bisa berkunjung ke daerah penghasil minyak ini.

Keinginan besar Bupati PK supaya orang nomor dua di Republik Indonesia itu berkunjung ke Teluk Bintuni dicurhatkan dalam keterangan pers pada saat itu.

“Waktu itu saya curhat di media waktu kunjungan Wapres ke Kaimana. Saya sampaikan di media pada saat itu saya tidak bisa ke Kaimana karena mepet waktunya dan saya ingin Bapak Wapres datang berkunjung ke Bintuni,” ujar Bupati Petrus Kasihiw kepada wartawan di Manokwari, Jumat (16/6/2023).

Perjuangan Bupati Kasihiw bukan sebatas curhat tetapi itu disampaikan langsung saat berkunjung ke Istana Wapres RI beberapa waktu lalu dan bertemu Deputi Bidang Dukungan Kebijakan Pemerintahan dan Wawasan Kebangsaan Setwapres RI Felix Wanggai.

Saat itu ia langsung menyampaikan keinginannya agar Wapres bisa hadir di Teluk Bintuni.

Wapres RI direncanakan mengunjungi Kabupaten Teluk Bintuni tanggal 8 Juli 2023
“Wapres akan melakukan kunjungan kerja selama dua minggu di tanah Papua, Teluk Bintuni menjadi tempat terakhir,” sebutnya.

Sesuai informasi yang diterima media ini, agenda Wapres Ma’aruf Amin di Teluk Bintuni yaitu melakukan ground breaking kawasan industri Bintuni.

Kemudian, pelepasan ekspor perdana makan kaleng (udang dan kepiting), pelepasan tenaga kerja P2TIM-TB, pembukaan siswa baru P2TIM-TB dan MoU P2TIM-TB dengan PT Freeport/Yayasan Somatua.

Wapres juga akan menyerahkan pengakuan hukum adat kepada marga Ogoney (Suku Moskona), peresmian Masina sebagai Kampung Mangrove Kuliner.

Agenda terakhir yaitu peresmian situs Islam dan Masjid Raya Miftahul Jannah Babo serta gereja di distrik Sumuri.

Setelah melaksanakan kegiatan yang telah diagendakan itu, selanjutnya Wapres Ma’aruf Amin kembali ke Jakarta.

KENN

as