as
as

Pemkot Ambon Luncurkan Sekolah Lansia Pertama di Maluku

IMG 20230616 WA0017

Koreri.com, Ambon – Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon melalui Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) menggelar acara peluncuran sekolah lansia Nusa Indah di Negeri Hutumuri, Jumat (16/6/2023).

Sekolah lansia pertama di Provinsi Maluku ini diresmikan langsung oleh Penjabat Wali Kota Bodewin Wattimena.

Penjabat didampingi Ketua TP-PKK Maluku Widya Pratiwi Murad dan Ketua TP – PKK Kota Ambon Lisa Wattimena, Kepala DPPKB Kota Ambon Juliana Wilhelmina Patty, dan Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Maluku Sarles Brabar.

Penjabat dalam sambutannya mengatakan DPPKB Kota Ambon dan Provinsi Maluku saat ini bertugas melakukan pendampingan kepada keluarga yang memiliki Lansia, agar mereka tetap eksis dalam kerja nyata untuk membawah perubahan ke arah lebih baik.

“Walaupun diketahui bahwa ketika sudah menjadi lansia maka kualitas hidup mengalami penurunan baik dari sisi fisik maupun mental yang mengakibatkan produktivitasnya juga menjadi menurun,” ungkapnya.

Di sisi lain, lansia telah melalui perjalanan hidup yang panjang serta memiliki pengetahuan dan pengalaman yang luas bahkan kearifan yang semua itu bisa dimanfaatkan untuk membuat karya yang nyata.

“Saya bersyukur dari BKKBN RI menunjuk langsung Provinsi Maluku khususnya Kota Ambon untuk mendirikan sekolah lansia pertama di Provinsi Maluku,” ucapnya.

Lanjut Penjabat, dalam merealisasikan program peningkatan kualitas lansia maka perlu dilakukan pendekatan sigma sejarah yang integratif dan seluruh lapisan masyarakat.

“Lansia diharapkan menjadi motor gerakan perubahan mental di keluarga dan lingkungannya. Lansia tidak hanya dipandang sebagai manusia yang menjadi beban mulai dari beban keluarga atau pembangunan namun sudah saatnya lansia menjadi pemimpin utama dalam rangka memberikan nasehat, himbauan dan pengalaman hidup kepada anak cucu agar terjadi perubahan mental bagi anak cucu yang ada di Provinsi dan Kota Ambon,” tandasnya.

JFL

as

as