as
as

TP PKK PB-Manokwari Kolaborasi Gelar Lomba Cipta Menu B2SA, Kader Diajak Lakukan Ini

Ketua TP PKK PB Ny Roma Lomba B2SA

Koreri.com, Manokwari – Penjabat Ketua Tim Penggerak PKK Povinsi Papua Barat (PB), Ny. Roma Megawanty, P. S.Kom, M.Si, berkolaborasi dengan TP PKK Kabupaten Manokwari menyelenggarakan Lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) serta lomba Yospan dan Wayase dalam rangka HUT RI ke 78 tahun, Selasa (22/8/2023).

Dalam sambutannya, Ny. Roma menekankan, pemenuhan pangan sangat penting sebagai komponen dasar untuk mewujudkan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas.

as

Hal itu sebagaimana ditunjukan dengan keberagaman jenis pangan dan keseimbangan gizi dalam pola konsumsi pangan sehari-hari.

Kampanye program diversifikasi pangan dan pangan lokal, konsumsi pangan B2SA serta gemar makan ikan dan sumber protein lainnya menjadi program prioritas hasil rakernas PKK ke sembilan tahun 2021 yang harus dilalukan oleh TP PKK di semua jenjang.

“Kenapa hal ini perlu untuk kita lakukan, karena kita masyarakat yang tinggal di kota diperhadapkan dengan fakta bahwa makanan cepat saji menjadi gaya hidup masyarakat. Para orang tua karena kesibukan tertentu sering menyediakan makanan cepat saji kepada anak-anak hingga akhirnya mereka menjadi ketergantungan. Ini menjadi tantangan bagi kita bersama. Makanan cepat saji bisa kita dapat dengan mudah, murah, cepat dan dengan penampilan yang menarik tapi belum tentu menenuhi gizi yang dibutuhkan,” bebernya.

Kaitannya dengan itu, Ny. Roma mengajak semua pihak terutama para kader PKK untuk berkreativitas.

“Dari tempat ini saya mengajak kita semuanya terutama para kader PKK, untuk giat berkreatifitas olahan pangan local sehinga secara tampilan dan rasa tidak kalah dengan makanan cepat saji dan juga gizinya cukup untuk memenuhi kebutuhan kita semua,” ajaknya.

Ketua TP PKK PB Ny Roma Lomba B2SA 2Sementara itu, Ketua TP PKK Manokwari, Ny. Febilina Indou dalam laporannya mengatakan, kegiatan ini guna meningkatkan semangat TP PKK baik di tingkat kabupaten hingga tingkat kampung untuk lebih berkreatif dalam menyemarakan HUT RI ke 78 tahun 2023.

“Salah satu tujuan dilaksanakan kegiatan lomba B2SA, lomba Yospan dan Wayase saat ini adalah meningkatkan pemahaman masyarakat tentang menu yang beragam, bergizi seimbang dan aman bagi keluarga,” tandasnya.

Di momen itu, Bupati Manokwari, Hermus Indou, S.IP, M.H, berharap, lomba cipta menu B2SA dapat menawarkan hal-hal positif yang bisa disosialisasikan hingga ke setiap rumah tangga, agar dapat memperbaiki pola konsumsi yang dapat pula memperbaiki kualitas SDM.

“Ini menjadi penting, karena pembangunan di Kabupaten Manokwari harus kita selenggarakan dalam semua aspek pembangunan. Lomba cipta menu hari ini, mengembalikan rasa cinta kita kepada menu-menu khas daerah. Karena sebagaimana kita ketahui bahwa hampir akhir-akhir ini telah terjadi pergesesan pola makan kita, hampir kita lebih banyak mengkonsumsi nasi dan pola makan lainnya,” bebernya.

Lomba diikuti 11 kelompok peserta, berasal dari enam kelurahan dan empat kampung se-distrik Manokwari Barat.

Sementara lomba Wayase dan Yospan diikuti masing-masing oleh 11 peserta.

Turut hadir mendampingi Pj. Ketua TP PKK  Papua Barat, Kepala Dinas Pariwisata, Neles Dowansiba, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung, Legius Wanimbo, S.Pt.

RLS

as