as
as

Pangdam Cenderawasih: Pembebasan Pilot Susi Air Kedepankan Jalan Damai

Pilot Susi Air n KKB EK

Koreri.com, Jakarta – Bertempat di Puspen TNI,  Pangdam  XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Izak Pangemanan, M.Han. menyampaikan perkembangan proses pencarian Capt. Phillip Mark Mehrtens pilot Pesawat Susi Air yang disandera oleh Kelompok KST pada 7 Februari 2023 di wilayah Paro, Kabupaten Nduga silam, Senin (11/9/2023).

Pangdam pada kesempatan itu menyampaikan kondisi Capt. Phillip Mark Mehrtens saat ini dalam kondisi baik.

Demikian pula dalam upaya pencariannya secara berkelanjutan, pihak TNI melakukan komunikasi dengan semua pihak, baik para tokoh agama, adat, pemuda dan tokoh perempuan.

“Komunikasi dengan semua pihak berlangsung dengan baik guna membantu membebaskan Pilot Susi Air. Semuanya mendukung upaya TNI dalam pencarian ini,” jelasnya.

Pangdam mengakui pihaknya masih terus mengupayakan negoisasi karena TNI memilih jalan damai dalam menyelesaikan semua permasalahan di Papua, termasuk dalam hal penyanderaan Pilot Philip Mark Mehrtens.

“Saya berharap tidak ada korban-korban berikutnya, baik dari pihak sipil maupun TNI-Polri, karena semua permasalahan perlu diselesaikan dengan damai,” tandasnya.

Sementara itu diketahui bersama, dari kelompok Egianus Kogoya ingin membebaskan Pilot Susi Air tersebut.

Namun dari kelompok pihak internalnya masih beranggapan bahwa ada yang perlu diselesaikan, antara lain karena adanya korban dari pihak mereka sendiri, sehingga masing-masing ingin menyelesaikan secara adat.

“Saya berharap negoisasi dari semua unsur dapat berjalan dengan baik. Semoga secepat mungkin bisa diselesaikan seperti harapan kita bersama,” ungkap Pangdam XVII/Cenderawasih.

PDC-17

as

as