as
as

Dilengkapi APD, Personil Polairud Merauke Evakuasi Jenazah ABK

Sat Polairud Polres Mrk Evakuasi ABK web

Koreri.com, Merauke – Personil Polairud Polres Merauke bersama tim gabungan mengevakuasi jenazah ABK KMN. Gemilang Samudra GT. 140, Suryana, yang meninggal diatas kapal pada Minggu (10/5/2020) sekitar pukul 06.00 Wit di perairan Arafura.

Seluruh personil Polairud dan tim gabungan dilengkapi Alat Pelindung Diri (APD) sesuai Protokoler Covid-19 guna pencegahan penyebaran virus mematikan itu di Kabupaten Merauke.

Kasat Polair AKP Micha P Toding, membenarkan kejadian meninggalnya ABK KMN. Gemilang Samudra itu.

Dijelaskan, kronologis kejadiannya pada tanggal 31 Januari 2020 pukul 18.00 Wit KMN (Kapal Motor Nelayan) Gemilang Samudra GT. 140 bertolak dari PPN Merauke menuju ke laut / FGA (Fishing Ground Area) untuk melakukan kegiatan memancing cumi tepat di perairan Arafura Kabupaten Merauke. Dan setelah tiba kapal beraktivitas seperti biasa.

Lalu pada 07 Mei 2020, korban mengeluh sakit perut sampai di bagian ulu hati dan merasakan sesak nafas, tetapi saat itu korban masih dapat melakukan aktivitas kesehariannya seperti makan, minum dan BAB seperti biasanya. Namun kondisi badan korban terasa sangat lemas.

Dan setelah mengetahui korban sakit, nahkoda langsung mengarahkan KMN. Gemilang Samudra GT.140 masuk ke pangkalan PPN Merauke untuk mengantar korban berobat ke rumah sakit.

Saat dalam perjalanan menuju ke PPN Merauke tanggal 10 Mei 2020 pukul 06.00 Wit, korban meninggal dunia diatas KMN. Gemilang Samudra GT. 140 dimana saat itu kapal sudah berada di sekitar perairan Kumbe.

Kemudian Nahkoda menyampaikan kejadian tersebut kepada pengurus kapal yang berada di Merauke untuk persiapan dilakukan evakuasi terhadap korban.

Minggu (10/5/2020) sekitar pukul 16.10 Wit kapal KMN. Gemilang Samudra GT. 140 tiba di areal kolam bandar tepat di depan PPN Merauke dan lego jangkar.

“Selanjutnya jenazah korban langsung di evakuasi oleh Sat Polairud, petugas dari RSUD dan Petugas Kesehatan Pelabuhan Merauke dengan menggunakan dua unit speed boad Polairud,” terang AKP Micha P Toding di Merauke, Minggu (10/5/2020).

Proses evakuasi korban dari KMN. Gemilang Samudra GT. 140 ke dermaga PPN Merauke dilakukan sesuai SOP Kesehatan Pelabuhan dengan Protokoler Covid-19 (menggunakan APD).

Dimana kapal tersebut tidak boleh sandar di pelabuhan dan kemudian jenazah dibawa ke kamar jenazah RSUD Merauke untuk dilakukan Visum.

OZIE

as