as
as

KPID Papua Kunjungan Monitoring ke Radio Khenambay Umbay

WhatsApp Image 2022 02 08 at 19.22.30
Suasana Pertemuan Kepala Diskominfo Kabupaten Jayapura, Gustaf Griapon, ST Bersama Komisioner KPID Papua di ruang rapat Kantor Dinas Kominfo Kabupaten Jayapura, Selasa (8/2/2022) / Foto: IDI

Koreri.com, Sentani – Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Provinsi Papua kunjungi Lembaga Penyiaran Publik Lokal (LPPL) Radio Khenambay Umbay dan Sentani TV yang berada dalam pengelolaan Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Jayapura, Selasa (8/2/2022).

Rombongan yang dipimpin langsung oleh Ketua KPID Provinsi Papua Rusni Christine Abaidata diterima Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Jayapura Gustaf Griapon, S.T., didampingi Sekretaris Dinas Kominfo Kabupaten Jayapura Haslipa dan para kepala bidang.

“Hari ini kami dari KPID Papua berkunjung ke Kabupaten Jayapura dengan tujuan untuk melakukan monitoring LPPL Radio Khenambay Umbay. Karena itu merupakan agenda kerja dari KPID itu sendiri,” kata Rusni Christine Abaidata ketika dikonfirmasi wartawan media online usai melakukan kunjungan ke LPPL Radio Khenambay Umbay dan Sentani TV, Selasa (8/2/2022).

Dari hasil monitoring ke LPPL Radio Khenambay Umbay, Christine menyampaikan ada beberapa hal yang sudah didiskusikan pihaknya bersama para penyiar radio milik Pemda Kabupaten Jayapura tersebut. “Kami melihat radio Khenambay Umbay sejauh ini sudah berjalan sesuai dengan koridornya, dan semua terkait administrasi lain sebagainya juga itu sudah sangat lengkap,” imbuhnya.

Dalam kesempatan ini, Christine juga mendorong agar pola penyiaran atau siaran dari LPPL Radio Khenambay Umbay itu dapat dijangkau di seluruh wilayah Kabupaten Jayapura.

“Ada beberapa hal yang kami minta dari lembaga penyiaran radio Khenambay Umbay itu terkait pola siarannya. Karena itu, menjadi bagian tugas dan fungsi juga dari KPID untuk melihat pola siaran dari seluruh lembaga penyiaran baik radio maupun televisi,” ungkapnya.

Sesuai dengan hasil diskusi bersama manajemen LPPL Radio Khenambay Umbay, sambung Christine, pihaknya menyampaikan kepada pihak manajemen, bahwa ada catatan kecil dari KPID Papua saat melakukan kunjungan dalam rangka monitoring.

“Karena kami ingin lembaga penyiaran radio Khenambay Umbay ini, jangkauan siarannya itu bisa sampai ke seluruh wilayah yang ada di Kabupaten Jayapura. Sehingga penyebaran informasi itu masuk sampai ke seluruh pelosok wilayah yang ada di kabupaten ini. Memang ada beberapa daerah atau kawasan yang masih sedikit terkendala,” bebernya.

WhatsApp Image 2022 02 08 at 19.23.55
Ketua KPID Provinsi Papua Rusni Christine Abaidata / Foto: IDI

“Tetapi kami berharap dari hasil monitoring ini, dinas terkait (Kominfo) sebagai pengelola dari Radio Khenambay Umbay itu bisa mencari solusi, sehingga daerah-daerah atau kawasan yang tidak mendapatkan siaran informasi berita dan hiburan dari radio Khenambay Umbay itu bisa segera mendengar siaran yang disiarkan dari radio milik pemerintah daerah tersebut,” tambah Christine.

Kunjungan dalam rangka monitoring LPPL Radio Khenambay Umbay dan Sentani TV ini, Ketua KPID Papua Rusni Christine Abaidata didampingi Anggota KPID Papua Bidang Pengawasan Isi Konten Siaran Jefri Simanjuntak, Sekretaris KPID Papua Raja O. Siburian, Kasub Standarisasi Perijinan KPID Papua Panca Priambodo dan Kasub Kelembagaan KPID Papua Lebemina D. Imbiri.

Sesuai dengan hasil diskusi bersama Kadis Kominfo Gustaf Griapon, tambah Christine, beberapa program yang dijalankan LPPL Radio Khenambay Umbay sudah sesuai dengan lembaga penyiaran publik yang Kabupaten Jayapura miliki, karena siaran-siarannya sudah banyak mengakomodir kebutuhan masyarakat.

“Selain berkunjung ke LPPL Radio Khenambay Umbay, kami juga melakukan kunjungan kerja ke Dinas Kominfo Kabupaten Jayapura. Karena radio Khenambay Umbay ini berada langsung dibawah Dinas Kominfo,” sebutnya.

Kata Christine, pihaknya sangat mengapresiasi dan memberi aplaus yang luar biasa kepada Dinas Kominfo Kabupaten Jayapura. Karena perhatian dari Dinas Kominfo, yang begitu luas terhadap penyebaran informasi khususnya kepada masyarakat di kabupaten ini.

“Maka itu, kami dari KPID Papua sangat memberikan aplaus yang luar biasa kepada Dinas Kominfo. Karena perhatiannya yang begitu luas terhadap penyebaran informasi khususnya terhadap masyarakat di Kabupaten Jayapura. Di mana, penyebaran informasi dan hiburan melalui radio Khenambay Umbay maupun media lainnya seperti Sentani TV melalui streaming itu, masyarakat di daerah ini bisa mempergunakan kedua aplikasi ini untuk bisa mendengar atau mendapatkan informasi secara langsung terkait perkembangan Kabupaten Jayapura,” katanya.

“Oleh karena itu, kami sangat memberi aplaus kepada Dinas Kominfo dalam hal ini Kepala Dinas Kominfo dengan program-programnya bisa dinikmati oleh masyarakat Kabupaten Jayapura. Saya sendiri sebagai warga Kabupaten Jayapura, juga bisa ikut mendengar, merasakan dan melihat dari hasil program kerja yang telah dijalankan oleh Dinas Kominfo Kabupaten Jayapura,” pungkas Christine.

IDI

as