as
as

Aliansi PAPEDA Apresiasi Kinerja Timsel KPU Papua Tengah

Ketua Aliansi PAPEDA Yulianus DwaaS.KM
Ketua Aliansi PAPEDA, Yulianus Dwaa, S.KM / Foto : MAN

Koreri.com, Jayapura – Aliansi Papua Peduli Damai (PAPEDA) memuji kinerja dari Tim Seleksi (Timsel) Komisi Pemilihan Umum(KPU) Provinsi Papua Tengah dalam proses seleksi calon anggota KPU Papua Tengah.

“Apresiasi ini sangat mendasar, karena Aliansi PAPEDA menilai kinerja Timsel KPU yang telah menghasilkan 10 calon anggota KPU Papua Tengah,”ungkap Ketua Aliansi PAPEDA, Yulianus Dwaa,S.KM kepada media ini di Jayapura, Jumat (24/3/2023).

Dikatakan, dari 10 nama yang ditetapkan diyakini telah mewakili komunitas atau suku-suku yang ada di Provinsi Papua Tengah.

“Dari 10 nama calon ini kami lihat telah mewakili Mee, Dani, Moni dan lainnya yang merupakan amanat Undang-undang Otonomi Khusus (Otsus),”katanya.

Menurut Yulianus Dwaa, dalam proses seleksi calon anggota KPU Papua Tengah, seyogianya diproteksi,keberpihakan dan pemberdayaan Orang Asli Papua (OAP).

“Keberpihakan serta pemberdayaan OAP yang mana berdasarkan amanat UU Otsus pula yang mana telah melahirkan 4 provinsi baru di Papua, salah satunya Provinsi Papua Tengah,”imbuhnya.

Lanjut pria yang juga Ketua IKA FKM Uncen ini, selama proses seleksi tidak ada persoalan bahkan transparan dan profesional.

Menurutnya, capaian yang telah ditorehkan oleh Timsel di Provinsi Papua Tengah, diharapkan bisa diikuti oleh oleh Timsel di 5 provinsi lain.

“Kami mengharapkan Timsel di 5 provinsi lain, bisa mengikuti hal yang sama, guna menjaga kedamaian di tanah Papua jelang tahun politik,”imbuh pria asal Grime Nawa ini.

Sekedar diketahui, Tim seleksi calon anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Papua Tengah periode 2023-2028 mengumumkan 10 nama calon yang lolos tes.

Pengumuman tersebut tertuang dalam surat nomor 039/TIMSELPROV-GEL-1-Pu/04/94/2023 tentang hasil seleksi calon anggota KPU Provinsi Papua Tengah tahun 2023-2028.

Disebutkan, berdasarkan berita acara Tim Seleksi nomor 038/TIMSELPROV-GEL-1-BA/04/94/2023 tanggal 23 Maret 2023 tentang penetapan hasil tes kesehatan dan wawancara bakal calon anggota KPU Provinsi Papua Tengah tahun 2023-2028, nama-nama calon sebagai berikut: Dominggus Marei (L), Hironimus Kia Ruma (L), Indra Ebang Ola (L), Jennifer Darling Tabuni (P), Marius Telenggen (L), Octovianus Takimai (L), Sepo Nawipa (L), Yondi Kogoya (L), Yunus Abugau (L), Yusuf Kobepa (L).

MAN

as