as
as

Penjabat Tinjau Langsung Pembongkaran Beras Impor di Pelabuhan Ambon

IMG 20230803 WA0013

Koreri.com, Ambon – Penjabat Wali Kota Ambon Bodewin Wattimena turun langsung meninjau pembongkaran beras medium impor asal Vietnam di pelabuhan Yos Soedarso, Kamis (3/8/2023).

Penjabat di sela-sela peninjauan tersebut mengatakan Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon sangat bersyukur dan berterima kasih kepada Bulog yang bekerja keras melalui kolaborasinya bersama berbagai pihak dalam upaya menjaga ketahanan pangan di daerah itu.

“Saya rasa bisa seperti ini karena ada dukungan dari berbagai pihak di antaranya Bea Cukai, Pelindo, Pelni, KSOP dan Kepolisian. Ini pertanda bahwa semua pihak bersama-sama berupaya untuk minimal memenuhi ketahanan pangan di Kota Ambon khusus beras,” ungkapnya.

Menurut Penjabat, kedatangan beras impor ini tentunya akan sangat berdampak karena turut menekan inflasi di kota Ambon.

“Mengingat, kemarin kita alami kenaikan inflasi itu selain karena persoalan transportasi dan cukai rokok juga salah satunya adalah karena beras,” bebernya.
Penjabat mengaku bersyukur karena Pemkot Ambon dibantu Bulog untuk menyediakan stok beras yang cukup.

“Syukurlah Bulog dan jajaran terus membantu Pemerintah Kota Ambon minimal untuk menyediakan stok ygan cukup lalu membantu kita dalam operasi pasar, terus menjual beras dengan harga dibawah pasar agar minimal bisa mengendalikan harga beras di pasar karena itu salah satu pemicu inflasi,” ucapnya.

Penjabat berharap dengan masuknya beras ini bisa melengkapi stok beras di Kota Ambon sehingga mencukupi.

“Sekaligus juga upaya kita untuk melakukan langkah-langkah dalam pengendalian inflasi. Saya rasa ini kerja yang luar biasa. Kalau ini terus dilakukan mudah-mudahan kita bisa menekan inflasi Kota Ambon khusus untuk sumbangan inflasi dari beras. Yang lain juga terus kita lakukan bekerja sama dengan seluruh pihak,” tandasnya.

Penjabat pun sangat fokus mengantisipasi adanya upaya oknum atau pelaku usaha melakukan penimbunan.

“Ini adalah tugas berat kita disitu, sekuat apa pun Bulog melakukan langkah-langkah untuk mengimpor beras masuk di Kota Ambon tetapi kalau ada pelaku usaha yang berupaya untuk menimbun beras itu bisa membuat kelangkaan di pasar dan harganya akan terus naik. Kita berharap nanti lewat Satgas Pangan TNI/Polri kita berupaya untuk melakukan operasi secara maksimal,” tegasnya.

JFL

as

as