as
as

Baksos Serentak Jelang Hari Lalu Lintas Bhayangkara ke 65

Poda Papua HUT Lalu Lintas ke 65

Koreri.com, Jayapura – Polda Papua melaksanakan bakti sosial (baksos) serentak dalam rangka Hari Lalu Lintas Bhayangkara Ke – 65 di Lapangan Apel Mapolda setempat, Kamis (17/9/2020).

Direktur Lantas Polda Papua, Kombes Pol. M. Nasihin, mengatakan jumlah kecelakaan di jalan, di Papua ini jumlahnya masih memprihatinkan.

“Jika dilihat dari angka kecelakaan masih banyak yang korbannya anak-anak yang masih dibawah 17 tahun, dan juga disebabkan oleh hal-hal lain misalnya tidak menggunakan helm, dan dalam keadaan di pengaruhi minuman keras, serta kecepatan tinggi seperti kecelakaan yang kemarin baru saja terjadi,” urainya.

Sangat disayangkan karena ada oknum masyarakat yang mengemudikan kendaraan tanpa punya SIM kemudian dalam keadaan mabuk itu yang paling utama menjadi penyebab kecelakaan.

“Jadi kalau namanya orang mabuk mengendarai kendaraan ya lupa akhirnya lepas kendali. Untuk itu, saya mengajak kita sekalian jangan sampai mencontoh hal yang tidak terpuji seperti ini, karena yang menabrak maupun yang ditabrak sama sama rugi apalagi yang ditabrak,” ajak Nasihin.

Dan yang lebih penting lagi, jika kecelakaan lalu lintas ini juga akan mengancam kesejahteraan, mengancam kesejahteraan masyarakat yang ada di lokasi itu karena membuat takut orang-orang yang ada di jalan.

“Orang yang tadinya senang berwisata datang ke daerah itu tapi karena rawan kecelakaaan maka mereka malas datang. Padahal kalau orang datang dari tempat lain berwisata misalnya ke Papua, yang dilihat pertama yaitu tertib Lalu Lintas,” ujarnya.

Jika lalu lintasnya tertib, di jalan nyaman, maka banyak yang akan berwisata ke sini otomatis banyak yang menggunakan motor baik roda dua maupun roda empat dan ojek online, ojek pangkalan dan pengemudi truk sehingga turut mendorong pergerakan ekonomi karena banyak yang datang ke Papua.

“Oleh sebab itu saya mempunyai tanggung jawab di Papua untuk mengajak Bapak-bapak sekalin bersama-sama berpartisipasi aktif menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas,” tandasnya.

Menjelang pelaksanaan hari Lahir Lalu Lintas yang ke-65 ini dan jelang pelaksanaan PON XX diharapkan, menjadi momentum untuk mempersiapkan yang lebih baik agar bisa memberikan yang terbaik kepada masyarakat lain khususnya dari provinsi lain.

Selain itu terkait dengan Covid-19, datanya untuk saat ini di Papua makin bertambah, bertambahnya dari dalam sendiri karena tidak disiplin mengikuti anjuran dari pemerintah.

“Ajurannya yang pertama harus memakai masker, dan di mana saja membiasakan kita mencuci tangan dan juga pola hidup sehat. Kalau tubuh sehat penyakit yang datang pun sirna dengan sendirinya, maka hari ini saya mengajak dan mengingatkan bapak bapak sekalian untuk hidup sehat,” ajaknya.

Nasihin mengajak untuk bersama-sama menjadi contoh bagi keluarga, tetangga dan mengingatkan mereka agar selalu menggunakan helm saat berkendara.

“Patuhi setiap aturan di jalan raya serta disiplin Protokol Kesehatan Covid-19 yang telah ditetapkan oleh Pemerintah,” pungkasnya.

VER

as