as
as

Ngeri: Ilmuwan Temukan Cara untuk Hidupkan Hewan Punah

marah 5955327 1280

Koreri.com – Lembaga Amerika Serikat US FISH and Wildlife Service mengumumkan kelahiran kembali seekor pemangsa kelinci dan tikus, yang disebut musang kaki hitam dan dinamai Elizabeth Anne.

Dilansir dari Men’s Journal, musang itu adalah hewan yang hampir punah perdana yang berhasil di-clone di Amerika Serikat dan dunia.

Seperti diketahui, musang kaki hitam diperkirakan telah punah beberapa dekade lalu sampai penemuan sebuah koloni kecil pada tahun 1981.

Penemuan ini berdampak pada didirikannya tempat penangkaran hewan tersebut dan saat ini sudah ribuan musang kaki hitam yang dilepas-liarkan ke hutan.

Elizabeth Ann adalah seekor musang yang berhasil dihidupkan kembali dengan mengkopi genetik seekor musang kaki hitam yang telah mati pada tahun 1988 dan dengan keberhasilan ini, diharapkan pengumpulan genetik musang kaki hitam akan semakin banyak serta menjadi cikal bakal hewan yang lebih tahan dari penyakit.

Sebuah Lembaga bioteknologi non-profit Revive & Restore yang berkerja sama dengan USFWS menyatakan bahwa Elizabeth Anne bukan saja sebah keberhasilan eksperimen sains, tetapi juga merupakan pergerakan sains yang besar untuk melawan kepunahan.

Perusahaan itu percaya bahwa teknologi yang maju begitu pesat akan membantu membawa Kembali hewan-hewan yang telah punah ke dunia zaman kini.

Seperti diketahui, Revive & Restore sedang bekerja sama dengan tim Woolly Mamooth Revival di Harvard untuk mengidentifikasi gen yang memampukan Mammoth atau gajah purba untuk bertahan hidup di wilayah yang sangat dingin dan sekalian mentransfer gen tersebut ke gajah Asia.

Walaupun riset ini hanya dilakukan di laboratorium, namun keberhasilannya dapat berdampak pada gajah moderen untuk menerima gen mammoth yang dapat membantu mereka lebih tahan terhadap cuaca ekstrem.

Apabaila hal itu dapat terealisasi, maka sebuah tempat di Siberia dengan nama Taman Pleistocene yang disiapkan oleh seorang  Ekologis Russia bisa menjadi lingkungan baru bagi hewan-hewan clone tersebut.

Walau kelahiran kembali musang kaki hitam tidak berdampak secara langsung kepada kelahiran kembali mamooth berbulu, beberapa ilmuwan percaya bahwa terobosan ini sudah berada di jalur yang tepat untuk mengembalikan makhluk yang telah punah ke dunia.

DJR

Sumber:  Mensjournal.com

as