as
as

Ini Kronologis Penembakan Warga Sipil di Ilaga

Kapolda Pap MD Siwa Ilaga Tewas
Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D. Fakhiri

Koreri.com, Jayapura – Setelah menembak mati dua guru kontrak di Beoga, Kabupaten Puncak, Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) atau TPN-OPM kambali dilaporkan membunuh warga sipil.

Kali ini, seorang pelajar SMA di Ilaga atas nama Ali Mom, tewas ditembak, Kamis (15/4/2021) malam, sekira pukul 20.00 WIT tepatnya di Kampung Uloni.

Adapun kronologis kejadian bermulasekitar pukul 19.00 WIT korban Ali Mom di hubungi oleh seseorang yang tidak dikenal dan kemudian meminta korban untuk membelikan rokok dan pinang.

Penelpon dlaporkan meminta barang belanjaan tersebut diantarkan ke Kampung Uloni, Distrik Ilaga Kabupaten Puncak.

Korban pun memenuhi permintaan si penelepon dan mengantar barang-barang tersebut ke lokasi yang telah disebutkan dengan menggunakan sepeda motor Jupiter MX-King.

Sesampainya di pinggir Jalan Kampung Uloni, korban dihadang oleh KKB dan langsung ditembak dengan menggunakan senjata api sebanyak 2 kali tembakan dibagian kepala dan dibacok pada bagian kepala.

Kemudian sepeda motor yang di gunakan korban, di bakar KKB.

Selanjutnya pada hari Jumat tanggal 16 April 2021 pukul 06.30 WIT warga bersama keluarga besar korban yang sebelumnya telah mendapatkan informasi tentang penembakan itu langsung mendatangi lokasi kejadian.

Kedatangan keluarga adalah untuk mengevakuasi korban ke rumah duka di Jalan Pinggir Kampung Lambet, Distrik Ilaga.

Kapolres Puncak Kompol I Nyoman Punia bersama anggota mendatangi rumah duka guna mengevakuasi korban ke Puskesmas Ilaga agar mendapatkan pemeriksaan secara medis.

Selanjutnya setelah mendapatkan pemeriksaan secara medis, aparat Keamanan menyerahkan jenazah korban kepada keluarga dirumah duka.

Identitas kroban atas nama Ali Mom (16), laki-laki, warga Tagaloa, Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak.

Langkah-langkah Kepolisian, menerima laporan, mendatangi rumah korban, mengevakuasi korban ke Puskesmas Ilaga, melakukan pengejaran terhadap KKB.

Kapolda Papua Irjen Pol. Mathius D. Fakhiri, S.I.K mengatakan pelaku diduga merupakan Kelompok Kriminal Bersenjata pimpinan Lekagak Telenggen yang sebelumnya melakukan pembunuhan terhadap tukang ojek dan membakar helikopter di bandara Ilaga.

“Kami belum bisa menyimpulkan kasus penembakan itu, apalagi korban merupakan orang asli Kabupaten Puncak. Belum diketahui motif dari aksi penembakan itu, akuinya, Jumat (16/4/2021).

Saat ini personil gabungan masih melakukan penyelidikan dan pengejaran terhadap KKB.

SEO

as