as
as

Jelang Idul Adha, Pangdam Pattimura Serahkan Hewan Qurban Untuk Masyarakat

Pangdam 16 PTM hewan qurban 1

Koreri.com, Ambon – Pangdam XVI Pattimura, Mayjen TNI Jeffry A. Rahawarin menyerahkan sejumlah hewan qurban berupa sapi dan kambing untuk masyarakat Kota Ambon, Minggu (18/7/2021).

Penyerahan hewan qurban ini dilakukan jelang perayaan Idul Adha 1442 Hijriyah pada 20 Juli mendatang.

Pangdam menyerahkan satu ekor sapi  untuk masyarakat Kota Ambon di Masjid Al Fatah yang diterima Imam besar, H. Hasanusi.

Selanjutnya Pangdam menuju negeri Seith di Kecamatan Leihitu. Dimana  warga negeri Seith ini masih ada garis keturunan dengan masyarakat suku Kei.

Di Negeri Seith, Pangdam mengatakan bahwa hewan qurban ini sebagai simbol kebersamaan.

“Teruntuk basudara umat Muslim yang akan menyambut Idul Adha, penyerahan hewan qurban ini sebagai wujud persatuan dan kebersamaan antar sesama, semoga menjadi pahala yang diterima Allah SWT,” tandasnya.

Sementara itu, Habib Rizqi Al Hamid, seorang ulama asal Seith, sekaligus sahabat karib Pangdam menyampaikan ucapan terima kasih kepada pimpinan Kodam XVI Pattimura itu.

“Saya mewakili masyarakat Seith dan seluruh ulama di Maluku mengucapkan banyak terima kasih, atas jalinan kebersamaan dengan bapak Pangdam yang diawali sejak Idul Fitri lalu hingga saat ini. Semoga  silaturahmi dengan Kodam Pattimura bisa berlanjut untuk seterusnya,” harapnya.

Pantauan lapangan, Pangdam juga berkesempatan melihat benda- benda peninggalan yang menunjukkan  asal muasal nenek moyang keturunan negeri Seith milik Nenek Bin Uas yang berasal dari Kei, tersimpan rapi di rumah tua sejak tahun 800an.

Selain itu, Pangdam juga menyerahkan hewan qurban satu ekor sapi  untuk Makodam XVI/Pattimura, satu ekor kambing untuk masyarakat Kei di Ambon dan satu ekor kambing untuk pemuda Kei di Jakarta.

JFL

as