as




as

Jaga Sholat Ied 1443 H di Ambon, AMKAY Buktikan Kekuatan Toleransi di Maluku

Para pengurus dan relawan AMKAY Provinsi Maluku dalam kegiatan pengamanan Sholat Idul Fitri 1443 Hijriah Tahun 2022 M di Kota Ambon, Senin (2/5/2022) / Foto : Buken

Koreri.com, Ambon – Organisasi masyarakat (Ormas) Aliansi Masyarakat Kei (AMKAY) menerjunkan seluruh pengurus dan relawan dalam kegiatan pengamanan Sholat Idul Fitri 1443 Hijriah Tahun 2022 M di Kota Ambon, Provinsi Maluku, Senin (2/5/2022).

Di momen yang fitri ini, AMKAY berkolaborasi dengan organisasi Maluku Satu Rasa (M1R) dan sejumlah ormas lainnya membantu kerja-kerja aparat TNI – Polri.

Hal ini sebagai bukti kekuatan toleransi dan jalinan silaturahmi antar sesama umat beragama yang sudah menjadi tradisi di Maluku sejak dahulu kala.

Pantauan lapangan, sejak Senin (2/5/2022) dinihari, puluhan anggota AMKAY dan ormas lainnya telah hadir pada sejak pengamanan malam Takbiran. Sekaligus dilanjutkan dengan pengamanan sholat Idul Fitri 1 Syawal 1443 H yang berlangsung di masjid Raya Al-fatah kota Ambon provinsi Maluku, Senin (2/5/2022) pagi harinya.

Selain Masjid Raya Al’Fatah, terdapat sejumlah tempat ibadah lainnya yang jadi prioritas pengamanan AMKAY diantaranya, Masjid Batu Merah, Masjid Cokra – Waiheru, dan  Masjid Passo.

Dalam pengamanan Idul Fitri tersebut, komunitas anak-anak Tanat Evav ini menggerakan semua pengurus dan relawannya untuk turut serta dalam pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1443 H Tahun 2022 Masehi.

Momen Pawai Malam Takbiran hingga pelaksanaan Sholat Idul Fitri berjalan dengan aman dan tertib serta saudara-saudari umat Muslim dapat menjalankan ibadah dengan penuh hikmah.

Sekretaris Umum AMKAY Demiliant Daniel Labetubun kepada Koreri.com, Senin (2/5/2022) seusai kegiatan pengamanan menjelaskan kegiatan pengamanan yang dilakukan pihaknya.

“Kami dari Aliansi Masyarakat Kei yang berkalaborasi dengan beberapa ormas lainnya di wilayah Provinsi Maluku ini hadir disini semata-mata hanya untuk turut menjaga kebahagiaan saudara-saudara kami yang sementara mengungkapkan rasa syukur dan sukacitanya setelah berpuasa sebulan penuh,” ungkapnya.

Selain itu, jelas Labetubun, bahwa apa yang dilakukan AMKAY dan ormas lainnya merupakan bentuk tuntutan organisasi kemasyarakatan di Indonesia.

“Dimana secara tegas amanat Undang-undang menyatakan bahwa kita merupakan perpanjangan tangan dari Pemerintah sehingga kaitannya dengan itu adalah bagaimana kita menciptakan hubungan yang harmonis dengan masyarakat,” sambungnya sembari menyebutkan UU No 17 Tahun 2013 mengenai tugas dan tanggung jawab ormas.

Momen basudara Muslim saat menjalani Sholat Idul Fitri 1443 Hijriah Tahun 2022 M di Masjid Al’Fatah Kota Ambon, Senin (2/5/2022) / Foto : Buken

“Oleh karena itu, kehadiran AMKAY hari ini bersama-sama dengan ormas lainnya adalah semata-mata untuk saling menjaga silaturahmi antar sesama umat beragama yang sudah terjalin mesra selama ini,” tandasnya.

Dikatakan Labetubun, pengurus dan relawan AMKAY yang diterjunkan selama dalam proses pengamanan ini berjumlah sekitar 70 orang yang sudah dibagi pada beberapa titik kegiatan.

“Hubungan keluargaan yang sudah kami bangun dengan teman-teman yang ada di Kota Ambon ini akan terus kita jaga bersama-sama demi keamanan dan kenyamanan bagi keutuhan NKRI khusus di wilayah Maluku,” tegasnya.

Panglima AMKAY Provinsi Maluku Afendy Notanubun, juga pada kesempatan itu menyampaikan ucapan terima kasih kepada basudara dari Non Muslim yang sudah meluangkan waktunya untuk hadir bersama dalam pengamanan malam Takbiran hingga pelaksanaan Sholat Idul Fitri 1443 Hijriah yang berlangsung aman dan lancar.

“Harapan saya semoga keutuhan ini selalu kita jaga bersama sehingga kedepannya kedamaian diatas tanah ini selalu terjaga, aman dan Maluku sejahtera. Ini komitmen kami dari Aliansi Masyarakat Kei dan ormas-ormas lain untuk menciptakan kedamaian dan ketertiban di Maluku tercinta ini,” tandas.

Atas nama Pengurus Amkay Provinsi Maluku, Notanubun menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kota Ambon, dan juga kepada Imam Mesjid Al’Fatah.

“Dan kepada semua organisasi kemasyarakatan lainnya dan bersama dengan aparat keamanan TNI-Polri telah berperan aktif menjaga keamanan di giat keagamaan ini,” ucapnya.

Selamat merayakan Idul Fitri 1 Syawal 1443 H bagi seluruh basudara Muslim berada seluruh Indonesia dan lebih khususnya di Kepulauan Maluku.

“Semoga lewat hari raya ini kita saling memaafkan dan terus membangun silaturahim sebagai dasar kekuatan toleransi di negeri yang kita cintai bersama ini,” pungkasnya.

BKL