Kodam Pattimura Gelar Maluku Fashion Week “Katong Pung Gaya”

Koreri.com, Ambon – Demam Citayam Fashion Week di kawasan Sudirman Jakarta Selatan yang menyedot perhatian masyarakat hingga berbagai kalangan pun ikut melenggang di trotoar Dukuh Atas dengan menampilkan macam-macam gaya busana mereka.

Hal ini lantas membuat Pangdam XVI/ Pattimura, Mayjen TNI Ruruh A. Setyawibawa menggagas dan membawa atmosfer ala Citayam Fashion Week dengan menggelar Maluku Fashion Week bertemakan “Ronda Bagaya Maluku Katong Pung Gaya” berlokasi di Zebra Cross Gong Perdamaian Kota Ambon, Minggu (25/9/2022).

Acara ini pun menyedot antusias masyarakat Ambon yang berbondong- bondong memadati jalan seputaran Gong Perdamaian dan Lapangan Merdeka.

Pangdam yang diwakili oleh Kasdam XVI/ Pattimura Brigjen TNI Asep Abdurachman, mengatakan kegiatan Maluku Fashion Week adalah sarana komunikasi dan kultural yang digunakan individu maupun kelompok untuk menggambarkan serta mengkomunikasikan identitasnya secara non verbal.

“Fenomena Citayam Fashion Week SCBD adalah keinginan sekelompok orang muda yang butuh ruang untuk menyalurkan minat fashion mereka dan jika hal ini diwadahi, dikelola dengan baik dapat menjadi sarana promosi daerah, maupun pariwisata Maluku,” kata Kasdam.

Dengan adanya kegiatan ini dalam rangka HUT ke-77 TNI, diharapkan dapat menjadi sarana bagi anak muda Maluku berekspresi dan menyalurkan bakat, kreativitas di bidang fashion, dengan mengedepankan budaya orang Maluku.

Masyarakat yang hadir pagi tadi menampilkan berbagai macam gaya busana, mulai dari busana adat tradisional Maluku, busana sehari-hari, busana profesi hingga busana kontemporer.

Tidak hanya masyarakat saja, namun peserta fashion week ini juga berasal dari TNI, dan para pegawai, baik PNS maupun pegawai Swasta.

Tak hanya berlenggak lenggok di catwalk, Maluku Fashion Week juga dimeriahkan dengan lomba joget Tiktok dan berbagai booth UMKM di kota Ambon.

Turut hadir sejumlah pejabat diantaranya Wadanlantamal IX/ Ambon, para Asisten Kasdam XVI/ Pattimura, Dandim 1504/ Ambon, para Dansat dan Kabalakdam XVI/ Pattimura, perwakilan PJU Polda Maluku, dan Forkopimda Provinsi Maluku.

PDP-16