as
as

DPPA 2022 Naik 10.7 Persen, PJ Wali Kota Jayapura Minta OPD Konsisten Kelola Anggaran

Pj Wali Kota JPR DPPA OPD 2022
Penjabat Wali Kota Jayapura Dr. Frans Pekey menyerahkan DPPA OPD Tahun 2022 / Foto : Surya

Koreri.com, Jayapura – Penjabat Wali Kota Jayapura Dr. Frans Pekey menyerahkan dokumen pelaksanaan perubahan anggaran (DPPA) Organisasi Perangkat Daerah tahun 2022.

Penyerahan tersebut disaksikan langsung Wakil Ketua I DPRD Kota Jayapura dan Penjabat Sekda di aula Sian Soor Kantor Wali Kota setempat, Selasa (11/10/2022).

“DPPA ini sebagai komitmen pemerintah dalam upaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat sesuai tugas dan fungsinya masing-masing OPD,” ujar Pekey.

Dikatakannya, OPD yang telah menerima DPPA diingatkan agar melaksanakan program, kegiatan, dan belanja dengan transparan sesuai tugas dan fungsinya sehingga tertib administrasi dan aturan.

“Saya minta konsisten dan komitmen dalam pengolahan keuangan yang termuat dalam dokumen anggaran, sehingga tepat sasaran, bermanfaat, dan meningkatkan pembangunan di Kota Jayapura,” ujarnya.

Pekey berharap OPD pengguna anggaran segera memacu realisasi program dan kegiatan 2022, karena waktu tersisa dua bulan untuk pelaporan pertanggung jawaban penggunaan anggaran.

“Jangan lupa kita berada pada zona WTP (wajar tanpa pengecualian) sebagai standar kerja bukan lagi prestasi karena kita sudah raih sembilan kali. Realisasi keuangan 43 persen dan fisik 70 persen,” jelasnya.

Kepala BPKAD Kota Jayapura, Desi Yanti Wanggai mengatakan, APBD 2022 sebesar Rp1,3 triliun lebih, setelah mengalami perubahan menjadi Rp1,5 triliun lebih atau naik 10,72 persen dengan total Rp161 miliar lebih.

“Dari total tersebut diafetaksikan ke dalam belanja daerah, yaitu belanja operasi, belanja modal, belanja tak terduga, belanja transfer. Sementara rincian total APBD bersumber dari pendapatan daerah, balanja daerah, penerimaan pembiayaan, pengeluaran pembiayaan,” tandasnya.

SAV

as

as