as
as

DPRD Maluku Koordinasikan Persediaan Bahan Pangan Jelang Akhir Tahun

Ruslan Hurasan
Sekretaris Komisi II DPRD Maluku, Ruslan Hurasan

Koreri.com, Ambon – Komisi II DPRD Maluku mengagendakan rapat kerja dengan pemerintah daerah dalam rangka mengoordinasikan kesiapan ketersediaan aneka bahan pangan untuk memenuhi kebutuhan pokok masyarakat menjelang akhir tahun 2022.

“Ini aktivitas normal akhir tahun mendekati hari-hari besar keagamaan terutama di Bulan Desember, maka dalam kondisi seperti ini pemerintah daerah melalui dinas terkait harus mengantisipasinya,” kata Sekretaris Komisi II DPRD Maluku Ruslan Hurasan di Ambon, Selasa (15/11/2022).

as

Pemda melalui dinas terkait harus mengambil berbagai langkah strategis dalam mencegah terjadinya kelangkaan mulai dari Bahan Bakar Minyak, ketersediaan aneka bahan pangan, hingga pemenuhan kebutuhan listrik.

Menurut dia, pemda harus memastikan distribusi kebutuhan bahan pangan untuk memenuhi kebutuhan pokok masyarakat dapat terjamin dan terpenuhi agar tidak terjadi kelangkaan saat menghadapi hari-hari besar keagamaan.

Untuk itu, DPRD provinsi akan melakukan rapat koordinasi bersama pemerintah daerah guna membicarakan apa saja langkah yang telah dilakukan.

“Kalau belajar dari pengalaman-pengalaman sebelumnya, kami menginginkan hal ini tidak terjadi seperti kenaikan harga bahan pokok pada daerah-daerah tertentu,” tandasnya.

Selain itu pemerintah juga harus berkoordinasi dengan aparat keamanan dalam memantau serta melakukan pengawasan agar tidak terjadi aksi penimbunan bahan pokok.

Sehingga stabilitas harga barang serta proses distribusi barang kebutuhan pokok tetap stabil.

Kemudian Komisi II juga berkoordinasi dengan Pertamina dan PLN untuk mengetahui persediaan BBM maupun pelayanan listrik oleh PLN kepada masyarakat.

ZAN

as