as
as

Biak Bertambah 13 BTS Percepat Akses Internet Kampung

IMG 20221212 WA0020

Koreri.com, Biak – Sebanyak 13 unit pembangunan Base Transceiver Station (BTS) telah rampung dibangun untuk mempercepat akses internet warga kampung di Kabupaten Biak Numfor, Provinsi Papua.

BTS tambahan tersebut merupakan kebijakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) melalui Badan Layanan Umum Badan Aksesibilitas Telekomunikasi Indonesia (BLU BAKTI) tahun ini.

as

Plt Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika setempat Mukhlis Salepu menjelaskan hingga Desember 2022, semua program pembangunan 13 BTS baru di Kabupaten Biak Numfor telah rampung 100 persen untuk memenuhi ketersediaan akses internet bagi masyarakat di wilayah 3T (terdepan, terluar, dan tertinggal).

“Kami berterima kasih kepada Pemerintah pusat melalui Kemenkominfo karena telah menambah 13 BTS di Kabupaten Biak Numfor, yang sudah selesai terealisasi 100 persen,” katanya di Biak, Senin (12/12/2022).

Ia mengatakan, pembangunan infrastruktur 13 BTS baru itu menambah jumlah keseluruhan BTS yang sudah dibangun pemerintah pusat lewat Kemenkominfo sampai 2022 mencapai 116 unit BTS.

Penambahan belasan BTS baru di Kabupaten Biak Numfor itu, katanya, untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di berbagai kampung supaya dapat menikmati jaringan telekomunikasi yang berkualitas.

“Pembangunan BTS 4G merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk mendorong pertumbuhan ekonomi digital yang inklusif bagi masyarakat yang bermukim di wilayah 3T di Papua dan Papua Barat,” katanya.

Ia mengajak semua warga kampung yang wilayahnya sudah dibangun BTS untuk ikut merawat dan menjaganya karena digunakan untuk kepentingan publik dalam mendapatkan layanan komunikasi dan akses internet yang disediakan pemerintah.

“Dengan ketersediaan BTS maka warga kampung dapat berkomunikasi dengan kerabat, saudara, keluarga dan teman di luar Biak bahkan hingga ke luar negeri,” katanya.

Pemerintah terus melakukan pemerataan pembangunan infrastruktur dasar khusus di bidang komunikasi dan informasi dengan membangun fasilitas fisik BTS baru untuk melayani kebutuhan masyarakat 3T, demikian Mukhlis Salepu.

ANT

as