as
as

Ratusan Lapak dan Ruko di Pasar Pharaa Sentani Hangus Terbakar, Polisi Dalami Penyebabnya

IMG 20230107 WA0013

Koreri.com, Sentani – Ratusan lapak/kios pedagang dan belasan ruko hangus terbakar di Pasar Pharaa Sentani, Jalan Youmakhe, Kelurahan Hinekombe, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, Jumat (6/1/2023) sekitar pukul 16.09 WIT sore.

Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol. Ignatius Benny Ady Prabowo, saat dikonfirmasi membenarkan insiden kebakaran yang hanguskan ratusan lapak dan belasan bangunan ruko tersebut.

as

“Tidak ada korban jiwa maupun luka-luka dalam insiden kebakaran pasar pharaa sentani ini. Namun kurang lebih 436 lapak/kios pedangan dan 15 ruko habis terbakar,” kata Kombes Pol. Benny Ady Prabowo dalam keterangannya, Jumat (6/1/2023) malam.

“Sedangkan untuk kerugiaan materiil dalam pendataan anggota di lapangan,” sambung Kombes Pol. Benny Ady Prabowo.

Menurut keterangan, Wahab, saksi di TKP bahwa titik api pertama kali muncul di kios pakaian cakar bongkar, sehingga warga dan pedagang bahu membahu untuk memadamkan api serta menyelamatkan barang dagangannya.

“Namun bahan bangunan kios yang terbuat dari kayu dan tripleks membuat api dengan cepat membesar kemudian merembet ke lapak dan bangunan lainnya,” ujarnya.

Dijelaskan, sekitar pukul 16.15 WIT anggota menerima laporan dari warga bahwa telah terjadi kebakaran di Pasar Pharaa Sentani. Mendapat laporan itu anggota Polres Jayapura langsung mendatangi TKP.

Selanjutnya membantu memadamkan api dan melakukan pengamanan di sekitar lokasi kejadian.

Api baru bisa padam sekitar pukul 19.12 Wit setelah 4 Unit Pemadam kebakaran dari Yonif RK 751/VJS, Waterconan Polres Jayapura, mobil pemadam kebakaran BNPB Kabupaten Jayapura dan mobil pemadam kebakaran Kabupaten Jayapura dibantu mobil suplai air dikerahkan untuk memadamkan api.

“Upaya pemadaman yang dilakukan warga dibantu TNI-Polri berhasil memadamkan api, personel dilapangan juga melakukan evakuasi beberapa barang yang masih bisa untuk di selamatkan,” kata Benny.

Satuan Reskrim Polres Jayapura masih melakukan penyelidikan untuk pastikan penyebab insiden kebakaran ini.

“Nantinya akan dilakukan olah TKP oleh unit Identifikasi Satuan Reskrim Polres Jayapura guna mengetahui penyebab pastinya kebakaran,” pungkasnya.

VER

as