as
as

Fraksi Otsus Dukung PW Lanjutkan Pj Gubernur Papua Barat, Ini Alasannya!

IMG 20230405 WA0008
Wakil Ketua Fraksi Otsus DPR Papua Barat Ir Dominggus Urbon.(Foto : Istimewa)

Koreri.com, Manokwari– Fraksi otonomi khusus (Otsus) Dewan Perwakilan Rakyat Papua Barat  memberikan dukungan kepada Drs Paulus Waterpauw,M.Si sebagai anak adat Orang Asli Papua (OAP) dari Kuri Wamesa untuk meneruskan lagi satu periode Penjabat Gubernur Papua Barat.

Wakil Ketua Fraksi Otsus DPR Papua Barat Ir. Dominggus Urbon mengatakan dukungan ini berdasarkan penilaian dan pertimbangan bahwa selama Paulus Waterpauw menjabat sebagai Pj Gubernur di tahun pertama sudah menunjukkan kinerjanya.

as

“Sebagai Penjabat Gubernur PB, selama kepemimpinan 1 tahun sudah lakukan perubahan yang strategis dan mendasar, yakni penataan di Pemerintahan, terkait dengan adanya pemekaran PBD. Dan sekitar 47 OPD dirampingkan menjadi 30 OPD karena kita memang tersisa 7 Kabupaten. Beliau adalah Profesional birokrat, karena itu harus melanjutkan untuk menata Pemerintahan Provinsi ini,” ujar Dominggus Urbon dalam keterangan persnya di Manokwari, Selasa (4/4/2023).

Menurutnya, Pj Gubernur Paulus Waterpauw merupakan sosok yang taat azaz, taat hukum dan loyal terhadap komando perintah pimpinan.

“Orang kaimana lahir Fak-Fak, bagian dari keluarga besar kuri wamesa. Anak adat yang berjiwa negarawan, yang duduk di pemerintahan. Oleh karena itu, dia kami garisbawahi mendapat prioritas dari kami,” tegas Kaka Dom, sapaan akrab Dominggus Urbon.

Kepada media ini, Urbon juga menyatakan, menyayangkan ada banyak orang yang mengatasnamakan orang Papua tapi tidak mendukung orang Papua.

“Itu harus mendapat perhatian. Kita perlu stabilitas di Pemprov Papua Barat, oleh karena itu jangan sampai ada intrik politik dan lain dengan menutup mata dan telinga dengan sejumlah hal baik dan moral yang tinggi dengan tugas negara yang diemban, dipolitisir dan menjadi persoalan yang merugikan bagi kita semua,” ungkapnya.

Disisi lain sebagai Tokoh Masyarakat Adat Kuri Wamesa, Dominggus Urbon memberikan nilai luar biasa bagi kinerja Pj Paulus Waterpauw.

“Tokoh masyarakat kuri wamesa menilai, ditengah kepadatan waktu dan kesibukan, mobilitas beliau sangat tinggi untuk menyelesaikan banyak masalah,” ucapnya.

Disisi lain, Pj Paulus Waterpauw kata Urbon merupakan salah satu pejabat di tingkat Jenderal yang mengalami proses karir yang begitu sukses.

“Sebagai seorang profesional di institusi polisi yang terlatih dengan target, progres, akuntabilitas dan transparansi yang dilakukan, oleh karena itu ketika menjabat PJ Gubernur Papua Barat kami menilai dia sudah sukses melakukan perubahan mendasar menyangkut tupoksi, tanggungjawab moral, tanggungjawab pemerintahan terhadap masyarakat asli Papua sudah dilakukan dengan baik. Maka kami beri nilai Excelent, Nilai A bagi Pj Paulus Waterpauw,” pungkasnya sembari berharap Paulus Waterpauw lolos dan lanjutkan Jabatan Pj Gubernur Papua Barat.

KENN

as