as
as

Resmi Dilantik, 5 Anggota KPU Papua Siap Lanjutkan Tahapan

KPU Papua 2023 2028 Resmi Dilantik
Lima Anggota Komisi Pemilihan Umum Provinsi Papua pose bersama seusai resmi dilantik dan akan menjalankan tugasnya periode 2023 – 2028 / Foto : Ist

Koreri.com, Jayapura – Lima Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Papua resmi dilantik dan akan menjalankan tugasnya periode 2023 – 2028.

Masing-masing Abdul Hadi, Amijaya Halim, Diana Dorthea Simbiak, Steve Dumbon dan Yohanes Fajar Irianto, kelimanya dilantik Ketua KPU RI, Rabu (5/7/2023).

Usai dilantik, seluruh anggota KPU melakukan rapat pleno penentuan ketua.

Steve Dumbon akhirnya disepakati sebagai Ketua KPU Papua periode 2023-2028.

Dumbon dalam wawancara singkatnya mengatakan pihaknya siap melanjutkan tahapan Pemilu 2024 sebagaiamana instruksikan Ketua KPU RI untuk segera melanjutkan tahapan Pemilu, mengingat hari pencoblosan Pemilu tinggal 223 hari lagi.

“Artinya kita tidak bisa bersantai-santai lagi, karena waktu semakin sedikit, sehingga dalam waktu dua hari kedepan kita sudah harus di Jayapura untuk persiapan pemilihan apalagi saat ini sudah masuk dalam tahapan penerimaan berkas perbaikan Bakal Calon Legislatif,” jelasnya.

Mantan Jurnalis Senior inipun berkomitmen melaksanakan rangkaian tahapan Pemilu sesuai jadwal dengan tetap menyesuaikan diri dengan tahapan yang telah berjalan.

Steve Dumbon2
Ketua KPU Papua Periode 2023-2028 Steve Dumbon / Foto : Ist

Terkait dengan tantangan ke depan, Steve mengaku optimis tahapan Pemilu akan berjalan baik. Apalagi setelah wilayah Papua terbagi menjadi empat provinsi.

“Saya pikir tidak ada tantangan yang signifikan dalam hal tahapan Pemilu khususnya di Kabupaten/kota,  Khususnya di Papua Induk tahapan pemilu ini sudah agak lebih ringan dengan 8 kabupaten 1 kota,” katanya.

Namun demikian, KPU Papua tetap memberikan perhatian khusus untuk beberapa kabupaten lantaran kondisi medan wilayahnya seperti Mamberamo, Waropen, Keerom dan beberapa daerah lainnya.

“Jikapun ada tantangan itu lebih kepada non teknis, pada intinya kami sudah siap sebab kami tidak kerja sendiri melainkan dengan stakeholder lain seperti TNI, Polri dan unsur pemerintahan,” kata Steve Dumbon,” jelasnya.

Ia menambahkan dalam waktu dekat ini, KPU akan melakukan konsolidasi  internal dan selanjutnya dengan KPU/Kabupaten Kota.

SAV

as