as
as

12 Balon DPD RI dan 464 Bacaleg DPR Papua Barat Daya Berstatus MS

IMG 20230805 WA0213
Ketua KPU Papua Barat Daya Andarias Daniel Kambu menyerahkan dokumen Hasil akhir perbaikan bacaleg kepada perwakilan partai politik di Hotel Vega Kota Sorong, Provinsi Papua Barat Daya, Sabtu (5/8/2023).(Foto : KENN)

Koreri.com, Sorong– Komisi Pemilihan Umum Provinsi Papua Barat Daya (KPU-PBD) menyampaikan hasil akhir verifikasi administrasi (Vermin) dokumen persyaratan bakal calon anggota DPD RI dan DPR Papua Barat Daya periode 2024-2029 pada pemilu 2024.

Penyampaian hasil akhir verifikasi bakal caleg ini secara resmi dibuka oleh Ketua KPU Papua Barat Daya Andarias Daniel Kambu didampingi dua komisioner M. Gandi Sirajudin, S.T dan Fatmawati,S.Pd.I serta dihadiri Bawaslu PBD, perwakilan 18 partai politik dan LO 12 Balon DPD RI Dapil Papua Barat Daya di Hotel Vega, Kota Sorong, Papua Barat Daya, Sabtu (5/8/2023).

as

Kordinator Divisi Teknis Penyelenggara pemilu KPU Provinsi Papua Barat Daya M.Gandhi Sirajudin menjelaskan dalam tahapan syarat bakal calon legislatif (Bacaleg) dan balon DPD RI dapil PBD, lembaga penyelenggara pemilu ini telah tiga kali memberikan kesempatan untuk diperpanjang masa perbaikan syarat calon  sejak bulan mei hingga agustus 2023.

Pada saat awal 572 bacaleg DPR Papua Barat Daya setelah diverifikasi hanya 34 memenuhi syarat (MS) kemudian yang belum memenuhi syarat (BMS) 538 orang, lalu pengajuan perbaikan kedua, jumlah bacaleg yang diajukan 556 orang setelah dilakukan verifikasi akhir 464 berstatus memenuhi syarat (MS) berasal dari 7 partai politik sedangkan 92 berstatus tidak memenuhi syarat (TMS) sebanyak 92 orang dari 11 Parpol.

“Total bacaleg diverifikasi administrasi akhir itu 556 bacaleg berbeda dengan pengajuan awal 672 orang, jadi 18 parpol peserta pemilu tingkat Provinsi Papua Barat Daya ada 7 partai yang bacalegnya lengkap memenuhi syarat dan 11 partai yang tidak memenuhi syarat,” jelas Gandhi kepada awak media Kota Sorong, Sabtu siang.

Lebih lanjut dijelaskan Gandhi bahwa untuk 12 Balon calon Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) Daerah Pemilihan Provinsi Papua Barat Daya masing-masing Hartono, M. Sanusi Rahaningmas, Agil Saeni, Agustinus R. Kambuaya, Amalut Boinauw, Amus Atkana, Hasbi Suiab, Mamberob Rumakiek, Paul Finsen Mayor, Septinus Lobat, Sokhib Naim dan Muhdar Iksan Weul.

Dikatakan Gandhi bahwa 92 bacaleg yang tidak memenuhi syarat (TMS) masih dapat diberikan kesempatan untuk memperbaiki dan dilengkapi dokumennya mulai tanggal 6 sampai 11 Agustus 2023 jika tidak maka namanya bacaleg tersebut tidak diikutkan dalam daftar calon sementara (DCS) tanggal 18 Agustus 2023 nanti.

“Point penting yaitu dari tanggal 6 sampai 11 agustus partai politik melakukan perbaikan dokumen yang TMS agar dapat menjadi MS, mengganti Bacalegnya atau merubah nomor urut, pindah dapil dan sebagainnya, kemudian bacaleg pengganti atau perubahan nomor urut dimasa pencermatan DCS harus ada persetujuan dari DPP Parpol bersangkutan,” ujarnya.

Jika ada bacaleg yang pada masa pencermatan DCS pada tanggal 12 sampai 15 Agustus 2023 ditemukan berstatus tidak memenuhi syarat (TMS) maka tidak dapat lagi diajukan kembali.

Hasil akhir verifikasi administrasi (Vermin) dokumen persyaratan bakal calon anggota DPD RI dan DPR Papua Barat Daya diserahkan langsung Ketua KPU Papua Barat Daya kepada pengurus partai politik dan LO Balon DPD RI.

KENN

as