as
as

Pemprov PBD Bentangkan Bendera Merah Putih 78 Meter di Beranda Terdepan Indonesia

IMG 20230821 WA0036

Koreri.com, Waisai – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua Barat Daya (PBD) membentangkan Bendera Merah Putih di beranda terdepan Indonesia tepatnya pesisir Pulau Fani, Distrik Kepulauan Ayau, Kabupaten Raja Ampat, Senin (21/8/2023).

Pembentangan Merah Putih sepanjang 78 Meter ini merupakan program dalam rangka bulan Kemerdekaan.

as

Awalnya, bendera 78 Meter itu diserahkan oleh masyarakat sekitar Kepulauan Ayau kepada Paskibraka Provinsi PBD.

Penyerahan bendera itu diiringi dengan musik saling tambur dan tarian dari masyarakat setempat.

Usai diserahkan, Paskibraka langsung membawa bendera ke pesisir pantai lalu diserahkan kepada tiga anggota satgas Pulau Fani untuk dibenarkan di pantai.

Penjabat Gubernur Mohammad Musa’ad bersama Forkopimda dan pejabat TNI-Polri memberikan penghormatan kepada bendera merah putih.

Pj Gubernur mengatakan, semua elemen bertanggung jawab menjaga keutuhan NKRI. Sejengkal pun tidak boleh diganggu oleh orang lain.

“Kita semua bertanggung jawab menjaga NKRI supaya Pulau Fani yang merupakan pulau terluar Indonesia ini tetap menjadi bagian yang tidak terpisahkan dengan NKRI,” tegasnya kepada wartawan.

Pj Gubernur menyebutkan kehadiran Pemerintah guna menunjukan solidaritas bangsa dan mengirkarkan kembali komitmen untuk menjaga kesatuan NKRI.

Kemudian melihat langsung kondisi Pos TNI yang ada ditempat ini supaya kedepan tetap bersinergi memberi kenyamanan di Pulau terluar.

“Harus diberi fasilitas cukup kepada TNI yang menjaga di Pulau Fani, ” ujarnya.

Pembentangan bendera ucapnya, juga menjadi bukti kehadiran pemerintah ke Pulau Fani dan lebih penting melihat langsung warga sekitar.

Untuk itu, Pj Gubernur memberikan apresiasi dan terima kasih kepada masyarakat dan Satgas TNI AL yang sudah menjaga sekaligus mengabdikan diri di Pulau terluar Indonesia.

“Sebagai simbol kita akan membentangkan bendera merah putih di Pulau Fani sepanjang 78 meter,” pungkas dia.

RLS

as