as
as

Pimpin Baksos Polri Peduli Lingkungan-Literasi di Papua, Kapolda Serahkan Bantuan

Kapolda Pap Bakso Polri Presisi 2023

Koreri.com, Jayapura – Kapolda Irjen Pol. Mathius D. Fakhiri, S.I.K., memimpin kegiatan Bakti Sosial (Baksos) Polri Presisi Polda Papua yang bertujuan untuk peduli terhadap lingkungan dan literasi di Papua, Rabu (18/10/2023).

Kegiatan tesebut berlangsung di Gereja Gidi Kalvari Koya Koso, Distrik Muara Tami, Kota Jayapura, dan dihadiri sekitar 200 orang.

Hadir dalam acara ini sejumlah tokoh penting, termasuk Irwasda Polda Papua, Kombes Pol. Alfred Papare, S.I.K., perwira ahli bidang hukum dan humaniter Sahli Pangdam XVII/Cenderawasih, Kolonel Inf. Oni Krisyono Goendong, S.H, serta pejabat utama Polda Papua.

Tidak hanya itu, perwakilan dari berbagai lembaga dan komunitas di Papua turut hadir, seperti Ketua Perwakilan Komnas HAM Papua, Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Papua, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Jayapura, dan para Tokoh setempat.

Menjadi penanggung jawab kegiatan, Karo SDM Polda Papua, Kombes Pol. I Wayan Gede Ardana, S.I.K., M.Si, menjelaskan tujuan dari Kegiatan Bakti Sosial Polri Presisi Polda Papua, yaitu sebagai upaya mewujudkan kedekatan Polri dengan masyarakat dan sebagai komitmen Polri dalam menjalankan tugas pokoknya.

“Kegiatan ini meliputi tiga aspek utama, yaitu penanaman pohon yang telah di tanam sebanyak 70.635 pohon, pendistribusian buku sebanyak 8.484 untuk meningkatkan literasi di beberapa lokasi seperti Panti Asuhan Kasih Sejahtera Koya Timur, Pondok Pesantren Al-Furqon Hidayatullah Koya dan Pura Giri Natha Arso 10 Keerom dan di 28 Polres Jajaran, dan pembuatan sumur bor dan pompa air di tingkat Polda dan 17 Polres jajaran,” terangnya.

Selama acara berlangsung, pihak Gereja Gidi Kalvari Koya Koso menyampaikan terima kasih atas pembangunan sumur bor yang akan membantu memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat.

Pihaknya juga mengajukan permintaan untuk bantuan pembangunan gapura pada pintu utama gereja.

“Kami menyampaikan terima kasih kepada bapak Kapolda yang sudah berinisiatif untuk membangun sumur bor dan penanaman pohon, mengingat selama ini kami selalu menggunakan air sumur yang kurang layak. Terlebih dari itu kami juga ingin mengusulkan bahwa selama ini pembangunan Gereja Gidi Kalvari Koya Koso banyak menggunakan swadaya masyarakat, yang mana saat ini kami masih kekurangan pembangunan gapura pada pintu utama gereja. Sehingga ini sebagai dasar kami bagi bapak Kapolda dalam memperhatikan kami,” ucapnya.

Saat yang sama, Kapolda dalam sambutannya menjelaskan pentingnya kegiatan ini, khususnya dalam menghadapi fenomena El Nino yang diperkirakan akan berdampak pada musim kemarau dan musim hujan di Papua.

El Nino juga berpotensi mempengaruhi pertanian dan stabilitas harga pangan.

Oleh karena itu, pemerintah membuat program pembangunan sumur bor air bersih untuk membantu melindungi kehidupan rakyatnya dan mata pencaharian mereka.

Kapolda juga menyebut bahwa Polri telah membangun 18 sumur bor di wilayah hukum Polda Papua sebagai bagian dari upaya untuk meningkatkan akses masyarakat terhadap air bersih, terutama di wilayah yang sulit mendapatkan jaringan air bersih.

“Selain itu, dalam rangka penyelamatan mata air, hari ini sekitar 70.635 bibit pohon akan ditanam di Papua. Kami berharap bahwa tanaman ini akan menjadi bagian dari upaya untuk merawat sumber air dan memperbaiki kualitas hidup masyarakat Papua,” ujarnya.

Polri juga mendukung program pemerintah dalam peningkatan literasi pendidikan.

Polda Papua telah mendistribusikan 8.484 buku di 45 wilayah yang berbeda sebagai bagian dari upaya untuk meningkatkan pendidikan dan membantu menggalakkan budaya membaca di tengah masyarakat.

Dalam penutup sambutannya, Kapolda berharap keseluruhan program ini dapat menciptakan kolaborasi dan kerjasama yang baik antara Pemerintah, TNI – Polri, dan masyarakat dalam memajukan kesejahteraan bersama.

Dalam rangkaian kegiatan, Kapolda menyerahkan bantuan sumur bor dan pompa air kepada pihak Gereja Gidi Kalvari Koya Koso.

Kemudian, dilakukan penanaman pohon oleh tokoh-tokoh penting yang hadir, dan pembagian buku, Al-Quran, Alkitab, serta sembako secara simbolis kepada pihak masjid, gereja, dan anak-anak generasi bangsa.

Kegiatan Baksos Polri Presisi Polda Papua ini menjadi bukti nyata komitmen Polri dalam mendukung masyarakat dan lingkungan di provinsi tersebut serta mendorong perkembangan literasi di daerah ini.

Semua pihak yang hadir menyambut kegiatan ini dengan harapan bahwa upaya ini akan memberikan manfaat positif bagi warga Papua.

EHO

as