as
as

Dipimpin Pj Gubernur, Papua Siap Tampil di 13 Cabang Pesparani Katolik 2023

IMG 20231029 WA0003

Koreri.com, Jakarta – Pesta Paduan Suara Gerejani Katolik (Pesparani) Tingkat Nasional III resmi dimulai.

Acara pembukaannya sendiri dihelat di Beach City International Stadium Ancol, DKI Jakarta, Sabtu (28/10/2023) malam.

as

Pj Gubernur M Ridwan Rumasukun hadir langsung didampingi Pj Sekda Derek Hegemur, Ketua MUI Papua Saiful Islam Al-Payage serta Ketua TP PKK Provinsi Papua Linda Onibala.

Kehadiran Pj Gubernur bersama rombongan ini, selain kapasitasnya sebagai seorang kepala daerah.

Juga sebagai Ketua Kontingen Provinsi Papua pada Pesparani Katolik Nasional tersebut.

Di ajang ini, Provinsi Papua turun dengan kekuatan penuh 289 peserta bersama official yang mengikuti seluruh mata lomba yang dilombakan.

Saat defile peserta, kontingen Pesparani Papua diiringi lagu Yamko Rambe Yamko, lagu daerah asal Grime Nawa yang sudah melegenda, disambut tepukan riuh seluruh tamu undangan yang memadati Beach City International Stadium Ancol dan bahkan mereka tanpa dikomando ikut bersama – sama bernyanyi.

Seperti yang dijelaskan Ketua LP3K Provinsi Papua Elpius Hugi bahwa kehadiran Gubernur Ridwan Rumasukun, hadir bersama Ketua MUI Papua Saiful Islam Al-Payage yang notabene seorang Muslim.

Hal ini menunjukkan bahwa toleransi antar umat beragama di Papua sangatlah tinggi. Dimana antara umat Muslim dan Kristiani selalu hidup berdampingan.

Elpius mengatakan sebelumnya Papua hanya mengikuti 12 mata lomba saja, setelah PS Pria Dewasa Gregorian Kabupaten Jayapura terpaksa dicoret dikarenakan kendala keuangan yang minim.

Namun setelah berbagai upaya dilakukan. Akhirnya PS Pria Dewasa Gregorian ini bisa ikut berangkat menuju Jakarta, menyusul rekan – rekan lainnya, yang telah terlebih dahulu tiba di ibukota NKRI.

“Kami turun dengan full tim. Papua Tim lengkap dan kami tim terlengkap,” tukasnya.

Rencananya PS Dewasa Pria Gregorian ini akan tiba di Jakarta pada Minggu (29/10/2023) dengan menggunakan jasa penerbangan Batik Air.

Ada 13 cabang yang akan dilombakan dalam Pesparani Katolik III.

Ke 13 cabang ini terbagi dalam empat kategori, yaitu paduan suara, menyanyikan Mazmur, cerdas cermat rohani, dan tutur Kitab Suci.
Paduan Suara Gregorian untuk tingkat remaja dan dewasa pria.

Provinsi Papua juga ikut berlaga.

RLS

as