as
as

Komisi I DPR PB Cek Kesiapan Pelaksanaan Pemilu di Teluk Bintuni

Komisi I DPR PB Kunjungi Telbin

Koreri.com, Bintuni – Komisi I DPR Papua Barat telah melaksanakan kunjungan dalam daerah di Kabupaten Teluk Bintuni, pekan kemarin

Kunjungan tersebut dalam rangka mengecek kesiapan pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) baik Legislator maupun Pemilihan Presiden (Pilpres) pada Februari 2024 mendatang.

“Jadi yang pertama kami mengecek soal kesiapan Pemilu baik partai polik maupun Pilpres termasuk NPHD yang sudah dilakukan penandatanganan dengan pihak KPU. Sedangkan yang belum dengan pihak Bawaslu yang sementara anggarannya masih dirasionalkan,” terang Ketua Komisi I DPR PB Geoge K. Dedaida dalam keterangannya kepada Koreri.com, Senin (4/12/2023).

Diakuinya, seluruh proses persiapan yang dilakukan juga telah berjalan dengan baik.

“Semua tidak ada kendala sama sekali dan berjalan dengan baik,” akuinya.

Sementara itu, berkaitan dengan Pemilu Adat dalam hal ini jalur pengangkatan DPRK dikatakan George, Pemerintah setempat masih menunggu Peraturan Gubernur.

“Untuk itu, kami minta Peraturan Gubernur untuk segera ditetapkan agar itu bisa dipakai untuk sosialisasi tepat waktu dan juga Pemda mempersiapkan dukungan anggarannya untuk menuju kepada Pemilu DPRK,” harapnya.

Mereka, kata George, sangat berharap semua bisa ditetapkan segera agar tidak keluar dari Undang-undang.

“Artinya bisa dapat dilantik bersamaan dengan hasil Pemilihan Umum partai politik untuk DPRK,” sambungnya.

Terkait dengan tahapan jalur pengangkatan baik DPR Provinsi maupun DPRK, Kesbangpol juga sudah mengkomunikasikan hal itu dengan 7 suku di Teluk Bintuni.

“Intinya, mereka sudah siap. Hanya tinggal menunggu Pergub dan Peraturan Menteri Dalam Negeri,” tandasnya.

KENN

as