as
as

Faktor Keamanan, TPS Baya Biru Pindah ke Lokasi Aman

IMG 20240212 WA0018
Kapolda Papua, Irjen Pol. Mathius D. Fakhiri

Koreri.com, Jayapura – Kantor pemerintah Distrik Baya Biru, Kabupaten Paniai, Papua Tengah, dibakar H-3 jelang pemilu 2024, Minggu (11/02/2024) pukul 15.10 WIT.

Pasca kejadian itu, Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Baya Biru akan dipindahkan ke lokasi aman di Distrik Aradide, Kabupaten Paniai, Provinsi Papua Tengah.

Kapolda Papua, Irjen Pol. Mathius D. Fakhiri, mengatakan pemindahan TPS Distrik Baya Biru ke Distrik Aradide karena faktor keamanan sehingga harus dipindahkan ke lokasi aman.

“Ya, pertimbangan hari ini nanti sampai malam saya minta laporan dari kapolres paniai terkait situasi keamanan pasca aksi pembakaran,” kata Kapolda Irjen Pol. Mathius Fakhiri saat ditemui di Mapolda Papua, Kota Jayapura, Senin (12/02/2024).

Untuk pemindahan TPS, kata Kapolda, akan berkoordinasi dengan KPU dan dikawal aparat keamanan.

“Kalau itu gangguan kamtibmas, bencana alam tentunya kita bersama KPU mempertimbangkan untuk pindahkan ke tempat lebih aman,” kata Jenderal Mathius Fakhiri.

“Nanti pengawalan dari petugas dan kita berharap pelaksanaan pemilu 14 Februari 2024 dapat berjalan dengan baik, karena sampai kemarin kejadian pembakaran ini kotak suara belum sampai di sana (baya biru) jadi tentunya masih aman,” ujarnya.

Dijelaskan, Kapolda dan Wakapolda telah melaksanakan safari pemilu untuk mengecek semua kesiapan di DOB semua sama.

“Malam ini saya minta untuk fix kan supaya tanggal 14 Februari 2024 besok itu kotak suara bisa sampai di tempat dilaksanakan pemungutan suara,” katanya.

EHO

as