as
as

Pagelaran Pawai Budaya Awali Pembukaan KMAN VI

IMG 20221024 WA0001

Koreri.com, Sentani – Kongres Masyarakat Adat Nusantara (KMAN) VI akan mulai digelar pada 24 – 30 Oktober 2022.

Momen ini akan dirangkai dengan Hari Kebangkitan Masyarakat Adat (HKMA) Kabupaten Jayapura ke – 9 Tahun.

as

Mengawali prosesi pembukaan hajatan nasional tersebut, masyarakat adat di Kabupaten Jayapura akan menggelar Pawai Budaya yang melibatkan semua suku-suku di wilayah itu.

Pawai budaya rencananya akan dilakukan dengan titik star lapangan Theys Eluay, kemudian diarak-arak dengan tarian khas adat istiadat menuju lokasi pembukaan kongres di Stadio Barnabas Youwe, Sentani.

Pelaksanaan pawai budaya diagendakan pada Senin (24/10/2022) pagi hari. Peserta dari masing-masing daerah akan di antar ke Lapangan Theys Eluay, selanjutnya di kawal oleh masing-masing Masyarakat adat di wilayah adat yang ada di kabupaten Jayapura menuju Stadion Barnabas Youwe.

Koordinator Dewan Adat Suku Kabupaten Jayapura Daniel Toto saat ditemui tim Media Center KMAN VI Minggu (23/10/2022) mengatakan, semua masyarakat adat akan mengantar seluruh peserta dari masing-masing daerah dengan tarian menuju stadion untuk mengikuti prosesi pembukaan Kongres.

Lanjut Ketua DAS Jayapura, saat pembukaan nanti masyarakat adat akan menyaksikan langsung penyerahan kodefikasi 14 Kampung Adat secara resmi oleh negara juga menyerahkan secara simbolis Sertifikat Tanah, dan peta hak Ulayat.

RED

as