as
as

Diduga Oknum Brimob BKO Sumut Main BBM Solar Ilegal Di Kota Jayapura, Polda Papua: Sudah Diselidiki

PHOTO 2022 10 27 11 54 12
Dua oknum anggota Brimob BKO Sumut sedang mengisi BBM solar secara ilegal menggunakan mobil panter tangki.modifikasi di SPBU Tanah Hitam, Kampkey, Distrik Abepura, Kota Jayapura, Papua, beberapa pekan lalu / Foto: Screen Video

Koreri.com, Jayapura – Oknum anggota brimob BKO dari Sumatera Utara diduga terlibat permainan Bahan Bakar Minyak (BBM) ilegal di SPBU Tanah Hitam, Kampkey, Distrik Abepura, Kota Jayapura, Papua.

Para oknum brimob BKO asal Sumut bermain BBM solar ilegal dengan cara menggunakan 2 mobil truk dan 1 mobil panter untuk mengisi  solar di SPBU tanah hitam tanpa mengikuti aturan antrian.

“Mereka (oknum brimob BKO) ini setiap hari main solar di SPBU pakai 3 mobil diantaranya 1 mobil Panter warna biru tangki modifikasi isi 1 ton BBM, plat nomor polisi PA 1541 MA dicat hitam dan 2 mobil truk biasa,” kata sumber berita ini kepada wartawan di Kota Jayapura, Rabu (26/10/2022).

Dijelaskan, dalam sehari para oknum brimob BKO asal Sumut ini masuk mengisi BBM solar secara ilegal di SPBU kurang lebih 8-9 kali tanpa mengikuti aturan antri yang sudah ditentukan.

“Oknum-oknum brimob BKO ini mungkin sudah kerjasama dengan operator SPBU, jadi mereka masuk isi 8-9 kali, sementara kami antri berjam-jam baru bisa isi solar, bahkan tidak dapat mengisi karena sudah habis padahal antri dari subuh,” ujar sumber berita.

Ironisnya lagi, waktu mereka masuk mengisi BBM di SPBU ada yang berpura-pura mengatur arus lalu lintas karena depan SPBU Tanah Hitam memang sering macet karena antrian panjang.

“Jadi, tujuan waktu mereka atur arus lalu lintas agar mobil truk lain ditahan, kemudian mobil tangki modifikasi mereka yang tabrak jalur antrian diberikan jalan untuk masuk mengisi BBM solar,” katanya.

“Dalam sehari para oknum brimob buat begitu sampai tangki 1 ton terisi penuh, baru mereka jual ke pihak lain dengan harga industri,” sambungnya.

Menurutnya, tindakan para oknum brimob BKO Sumut ini sudah lama menggunakan mobil panter tangki modifikasi milik oknum anggota brimob polda papua.

“Jadi, mobil tangki modifikasi itu milik oknum anggota brimob Polda Papua, dia mantan pemain BBM juga,” ujarnya.

Sementara itu, Wakapolda Papua, Brigjen Pol. Ramdani Hidayat, ketika dikonfirmasi mengatakan telah memerintahkan propam untuk melakukan penyelidikan terhadap pengaduan masyarakat terhadap tindakan oknum brimob BKO.

“Tks, saya perintahkan propam utk lidik dl,dan lagi didalami propam” kata Wakapolda Brigjen Pol. Ramdani Hidayat melalui pesan singkat WA, Kamis (27/10/2022) pagi.

Kabag Ops Polresta Jayapura Kota, AKP. Hanafi, mengatakan pihaknya segera melakukan kroscek dugaan keterlibatan oknum brimob BKO yang bermain BBM solar secara ilegal.

“Kami kroscek dulu ya,” kata Hanafi.

EHO

as

as