as
as

Penyergapan di Markas KST Egianus Kogoya, TNI Tembak Mati 3 Separatis

IMG 20230904 WA0000

Koreri.com, Jayapura – Tiga anggota kelompok separatis teroris (KST) dari Kodap III Ndugama dilaporkan tewas tertembak saat operasi penyergapan yang dilakukan pasukan gabungan TNI di Kampung Aluguru, Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan, Jumat (1/9/2023).

Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Izak Pangemanan yang dihubungi melalui telepon selulernya pada Minggu (3/9/2023) membenarkan kejadian ini.

“Tindakan penyergapan ini adalah sebagai akibat dari penyerangan yang dilakukan KST kepada masyarakat sipil beberapa waktu lalu di Batas Batu,” ungkapnya.

Pangdam menegaskan bahwa kehadiran TNI di tengah-tengah masyarakat adalah untuk menjaga keamanan dan memberikan rasa nyaman.

“Bila masyarakat terganggu, maka TNI akan bertindak,” tegasnya.

Lebih lanjut dijelaskannya, operasi penyergapan ini dilakukan oleh tim gabungan yang terdiri dari Satgas Tim Taipur, Satgas Yonif MR 411 dan Satgas Elang yang dipimpin Mayor Inf. Cosmos.

Operasi ini telah berlangsung selama beberapa minggu di kawasan Matoa, Kampung Alguru, Distrik Krepkuri, Kabupaten Nduga, Provinsi Papua Pegunungan dan berakhir pada tanggal 1 September 2023.

Tepat pada 1 September 2023 pukul 03.16 Wit dinihari, tim gabungan melakukan kontak senjata dan berhasil menembak mati 3 anggota KST Egianus Kogoya.

Ketiganya masing-masing, Army Tabuni (Danyon Aluguru), Ganti Gwijangge dan satu lainnya belum terindentifikasi.

“Dalam operasi ini pasukan kita berhasil mengamankan sejumlah barang bukti, termasuk senjata, amunisi, peralatan serta dokumen yang mengindikasikan aktivitas KST. Sementara tidak ada korban di pihak TNI,” tandasnya.

Sementara itu juru bicara Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB) Organisasi Papua Merdeka (OPM) Sebby Sambom, dalam rilisnya Sabtu (2/9/2023) malam menyatakan bahwa, dua anggota kelompok tersebut tewas ditembak TNI.

Selain itu satu anggota tidak diketahui nasibnya. Ketiga anggota TPNPB tersebut yaitu Ganti Gwijangge, Werak Lokbere dan Arikheba Kogoya.

Kata Sebby, anggota yang tewas adalah TPNPB Kodap III Ndugama-Darakma dibawah pimpinan Panglima Egianus Kogoya.

Di dalam rilis ini, pihak TPN juga memberi peringatan kepada masyarakat Nduga atas operasi tersebut, melarang keras warga menumpang truk ke wilayah Batas Batu.

Selain itu, penggali (pendulang, Red) tak boleh berkeliaran.

“Kami sudah sampaikan bahwa bawa TNI-Polri, Bupati, PNS, ASN, adalah musuh target kami. Itu kami sudah umumkan dan hari ini kami tidak hitung masyarakat,” tulis Sebby.

PDC-17

as