as
as

Meski Kamtibmas 1 Desember Terkendali, Kapolda Papua Tegaskan Ini ke Kapolres

Kapolda Pap MDF Pesan Tegas ke Kapolres
Kapolda Papua Irjen Pol. Mathius D. Fakhiri, S.I.K / Foto : Humas Polda Papua

Koreri.com, Jayapura – Agenda kamtibmas pada tanggal 1 Desember tidak mengganggu situasi di wilayah hukum Polda Papua yang tetap terjaga dalam kendali yang baik.

Kapolda Irjen Pol. Mathius D. Fakhiri, S.I.K menjelaskan bahwa secara umum, wilayah hukum Polda Papua tetap aman terkendali, meskipun beberapa kejadian terjadi dalam beberapa waktu terakhir.

“Kondisi saat ini dalam kalender keamanan dan ketertiban masyarakat berada dalam kendali,” ungkapnya kepada media, Jumat (1/12/2023).

Irjen Mathius mengakui adanya dua kejadian, namun dirinya menegaskan bahwa kejadian tersebut sudah dalam penanganan aparat keamanan.

“Kejadian di Mimika sudah kami amankan, sementara kejadian di Puncak terjadi agak jauh ke belakang markasnya. Oleh karena itu, saya menginstruksikan kepada para Kapolres untuk tidak merespons secara berlebihan,” tegasnya.

Menurutnya, respon yang berlebihan dapat memicu kejadian serupa dengan minggu sebelumnya yang menimbulkan korban baik dari pihak aparat maupun warga sipil, sehingga ia memerintahkan agar tetap siaga untuk mencegah tindakan yang lebih lanjut.

Kapolda Papua berharap bahwa ke depan, agenda kamtibmas di Papua dapat dilaksanakan tanpa gangguan, sehingga masyarakat Papua dapat fokus pada pembangunan daerah mereka.

“Menjelang Pemilu, saya berharap masyarakat Papua, termasuk orang asli Papua, dapat fokus pada hak pilih mereka dan berkontribusi pada pembangunan daerah mereka masing-masing,” tandasnya.

VER

as