as
as

Demo Tuntut Bebas 7 Tahanan di Kaltim, Polisi Antisipasi Potensi Anarkis

Polda Pap Antisipasi Demo Rusuh web

Koreri.com, Jayapura – Polda Papua menggelar apel siaga operasi Satgas Aman Nusa II Matoa 2020 dalam rangka antisipasi aksi demo dari mahasiswa Papua menuntut pembebasan 7 tahanan rusuh Kota Jayapura yang saat ini mengikuti proses hukum di Kalimantan Timur (Kaltim).

Karo Ops Polda Papua, Kombes Pol. Gatot Hariwibowo, mengatakan apel siaga dilaksanakan untuk persiapan personil mengantisiasi demo dari mahasiswa Papua di Kota Jayapura.

“Karena hari ini dan besok akan ada penyampaian aspirasi dan pernyataan sikap dari adik adik mahasiwa, oleh karena itu kita harus mengantisipasi bersama jangan sampai terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” imbaunya saat memimpin apel siaga Satgas Aman Nusa II Matoa 2020 di Taman Imbi Kota Jayapura, Rabu (10/6/2020).

Dikatakan, pada 2019 lalu telah terjadi aksi demo yang berujung anarkis yang mengakibatkan kerusakan materil dan juga korban jiwa oleh karena itu hal inilah yang harus kita antisipasi bersama.

“Atensi dari pimpinan kita berdasarkan hasil rapat kemarin bahwa kita harus betul betul mengantisipasi agar tidak terjadi seperti yang telah terjadi tahun lalu,” kata Karendal Opsda Polda Papua.

Dijelaskan, 7 tahanan yang saat ini menjalani proses hukum di Kaltim adalah dalang dari kerusuhan Kota Jayapura.

“Namun mereka meminta agar mereka di bebaskan tanpa syarat dengan alasan bahwa mereka adalah korban rasis,” jelasnya.

Turut hadir, Dir Binmas Polda Papua Kombes Pol Gatot Aris Purbaya, Dir Samapta Polda Papua Kombes Pol. Sondang Siagian, Wadansat Brimob Polda Papua dan seluruh personil Polda Papua yang terlibat.

VER

as