as
as

Hari Sejuta Pohon, Polres dan Pemkab BVD Tanam Ratusan Bibit

IMG 20200111 124920

 

Koreri.com, Boven Digoel – Jajaran Polres dan Pemkab Boven Digoel (BVD) ikut melaksanakan penanaman ratusan bibit pohon dalam rangka mendukung program Polri Peduli Penghijauan.

Aksi itu juga bertepatan dengan peringatan Hari Sejuta Pohon Sedunia, Jumat (10/1/2020).

Pantauan lapangan, penanaman pohon secara simbolis diawali Wakil Bupati disusul Dandim, Kapolres dan Dinas Kehutanan, perwakilan Satgas 406 Chandra Kusuma dan diikuti anggota Polres bertempat di lahan Polres Baru Jl Trans Papua, BVD.

Kapolres AKBP Syamsurijal, SIK dalam pernyataannya mengatakan penanaman pohon merupakan instruksi Kapolri yang dilaksanakan secara serentak dan juga bertepatan dengan Hari Sejuta Pohon Sedunia.

Aksi ini bertujuan juga untuk mengajak semua pihak agar mau peduli terhadap lingkungan demi menghindarkan diri dari ancaman bencana alam.

“Jadi, kita tanam pohon yang berbatang kuat dan dapat memberikan manfaat bagi kita dan generasi mendatang,” cetusnya.

Adapun jumlah yang ditanam sebanyak 220 bibit yang terdiri dari 179 Karet, 20 Gaharu, 5 Durian ,5 manggis, 10 Rambutan, 1 Klengkeng dan akan terus berlangsung secara bertahap di seluruh Polsek jajaran.

“Sekarang sedang musim buah agar biji – bijian dari buah yang kita makan dapat disemai dan ditanam pada lingkungan tempat tinggal atau tempat gersang di sekitar kita sebagai penahan abrasi juga penghijauan,” imbuhnya.

Wakil Bupati BVD, Chaerul Anwar mengapresiasi kegiatan Polri yang telah mengajak dan memelopori penghijauan di lingkungan sekitar guna menjaga hutan dan kelestarian alam yang menjadi komitmen bersama.

‘Kami mengapresiasi aksi penanaman pohon untuk penghijauan agar dapat mencegah bencana alam karena hutan Papua merupakan paru – paru dunia,” tandasnya.

Sementara itu, Dandim BVD Letkol. Inf. Chandra Kurniawan, SE di kesempatan tersebut juga menyampaikan personilnya juga melaksanakan penanaman pohon di lingkungan Kodim setempat.

“Kita semua bersinergi baik Pemda, TNI dan Polri dalam hal menjaga lingkungan,” tukasnya.

Turut hadir, Plh. Sekda BVD Drs. Warinto Gultom, SH, Pasi Ter Satgas 406 Chandra Kusuma Lettu Fuji Pasi dan perwakilan Dinas Kehutanan atas nama Sekmanti dan Sukoyo, serta Ir. Fahrudin Isnanto dari Dinas Ketahanan Pangan setempat

VDM

as