Bupati Kasihiw Apresiasi Rakor KPU se-Papua Barat di Teluk Bintuni

KPU Gelar Rakor Evaluasi Pengelolaan Anggaran Kabupaten/ Kota se-Papua Barat di KPU Teluk Bintuni, Rabu (9/11/2022).(Foto : Istimewa)

Koreri.com, Bintuni– Rapat Koordinasi Evaluasi Pengelola Anggaran Sarana dan Prasarana bersama KPU kabupaten/kota yang digelar KPU Papua Barat Rabu (9/11/2022) digelar di aula KPU Teluk Bintuni.

Kegiatan yang akan dilaksanakan 9-11 November 2022 ini langsung dihadiri Bupati Teluk Bintuni Petrus Kasihiw dan jajaran forkopimda Teluk Bintuni.

Ketua Panitia Penyelenggara KPU Papua Barat Hendry Jackson mengatakan, kegiatan rapat koordinasi dan evaluasi sarana dan prasama bertujuan untuk sebagai bahan evaluasi satker dalam pengelolaan anggaran.

Serta untuk mengetahui sarana dan prasarana satker yang di butuhkan dalam menunjang pekerjaan dan tahapan pemilu di 2024 nanti. Untuk itu sangat di harapkan peran aktif peserta rakor agar apa yang menjadi tujuan utama dapat terwujud.

Kegiatan rakor ini Diikuti oleh 4 orang dari masing2 KPU dari 13 kabupaten kota se papua Barat terdiri dari ketua anggota divisi perencanaan dan informasi serta sekertaris.

Ketua LMA 7 Suku, Marten Wirsi dalam sambutannya menyampaikan selamat datang rombongan anggota KPU se- Provinsi Papua Barat serta jajaran di Teluk Bintuni.

Melalui Rakor ini, diharapkan dapat menciptakan Pemilu tahun 2024 yang adil dan bermartabat. Sehingga melahirkan sosok pemimpin yang merasa memiliki dan bisa membangun untuk daerah ini.

Marten Wirsi, mewakili lembaga adat 7 suku, sangat mendukung keamanan dan prosesi pesta demokrasi yang akan datang aman dan kondusif.

Bupati Teluk Bintuni Petrus Kasihiw dalam sambutannya menyampaikan, simbol demokrasi sebuah daerah dapat dilihat dari perkembangan demokrasi itu sendiri, tentu Ini sangat berpengaruh dengan kualitas bagi penyelenggara dalam hal ini KPU.

Dimana Pemerintah Kabupaten Teluk Bintuni dalam mendukung proses demokrasi yang sifatnya rasional maupun lokal tetap memberikan dukungan kepada seluruh penyelenggara di setiap tahapan Pemilu baik itu dilakukan oleh KPU maupun Bawaslu.

Selain memperkenalkan Sumber Daya Alam (SDA) yang dimiliki Kabupaten Teluk Bintuni, Bupati Petrus Kasihiw juga menjelaskan tatanan hubungan sosial kemasyarakatan yang beragam membuat Teluk Bintuni dikenal sebagai Agama Keluarga. Sehingga semua itu menjadi kebanggaan tersendiri bagi masyarakat Teluk Bintuni.

“Saya sangat memberikan apresiasi atas terselenggaranya Rakor ini, Selaku tuan rumah dan Pemerintah Daerah saya ucapkan selamat datang dan selamat melakukan Rakor,” ucap Bupati

Sebelum membuka Rakor Evaluasi Pengelolaan Anggaran, Sarana dan Prasarana Paskalis Semunya selaku Ketua KPU Provinsi Papua Barat berharap dalam pemilu mendatang dapat memilih wakil rakyat yang dapat memperjuangkan hak untuk kesejahteraan masyarakat Papua.

”Semoga dalam pemilihan mendatang dapat terpilih, wakil rakyat yang dapat memperjuangkan masyarakat Papua, dan yang bisa mengelola sumberdaya alam di papua barat yang melimpah ini untuk kesejahteraan masyarakat papua,” ujarnya.

Semunya juga minta kepada pemuda papua tidak hanya berteriak saja namun ikut ambil bagian dalam pemilihan mendatang dengan turut serta berkompetisi dalam pemilu 2024 mendatang.

Ia juga mengatakan, Kabupaten Teluk Bintuni ini daerah aman, dan Bintuni cinta persaudaraan, masyarakat Bintuni ingin bekerja agar lebih baik lagi kedepannya. ”Bintuni ini daerah yang aman, masyarakat Bintuni cinta damai dan masyarakat Bintuni mau bekerja untuk masa depan lebih baik, ” ujarnya.

Usai opening ceremony, kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan souvenir sebagai cindramata dari hasil kerajinan tangan putra-putri 7 suku, Bupati Teluk Bintuni Petrus Kasihiw juga menyerahkan 1 buah buku dengan judul “Kembali Mengabdi” dengan 279 halaman kepada seluruh peserta Rakor.

RLS