as
as

Lahir dari Rahim Perempuan OAP, Abner Sanoy Tegaskan AFU Bukan Anak Adopsi

Abner Sanoy
Abner Sanoy / Foto : Istimewa

Koreri.com, Waisai – Asal usul keaslian Papua Bupati Raja Ampat Abdul Faris Umlati, S.E.,M.Pd mulai terungkap.

Ternyata ia lahir dari rahim seorang perempuan asli Papua marga Sanoy asal Kampung Andey, Distrik Waigeo Utara, Kabupaten Raja Ampat.

Karena turunan langsung dari sang ibu,  Abdul Faris Umlati juga dikategorikan sebagai orang asli Papua.

Mewakili Keluarga besar Sanoy dari Pulau Waigeo Raja Ampat, Abner Sanoy yang kesehariannya menjabat sebagai Kepala Dinas Pemerintahan Kampung Kabupaten Raja Ampat mengisahkan asal muasal dan garis keturunan Bupati Raja Ampat dua periode itu.

Menurut Abner Sanoy, AFU sapaan akrab Abdul Faris Umlati bukan anak adopsi atau anak angkat, melainkan darah Sanoy mengalir kental dalam dirinya.

“Anak Bupati AFU dalam garis keturunan marga Sanoy dia adalah anak adat dengan garis keturunan yang jelas. AFU dalam keluarga Sanoy bukan sebagai anak adopsi atau anak angkat,” bebernya, Selasa (16/4/2024).

Dikisahkan, pada 1823 moyang atau leluhur dari Bupati AFU bernama Abdul Wahid Tamima datang di Kabare Waigeo Utara dengan tujuan berdagang.

Pada saat itu menurut Abner, masyarakat di Kampung Kabare masih belum mengenal pakaian atau masih hidup dalam keadaan yang primitif.

Setelah kedatangan Abdul Wahid Tamima, seakan merubah kehidupan masyarakat Kabare pada saat itu. Ia datang ke Kabare membawa barang dagangannya berupa kebutuhan bahan pokok.

“Ada piring batu zaman dulu dan bibit pohon pisang yang sampai saat ini masyarakat Kabare mengenalnya dengan sebutan pisang haji,” jelas Abner Sanoy.

Supaya Abdul Wahid Tamima ini dapat diterima di kalangan masyarakat Kabare, maka ia mengambil salah satu perempuan Sanoy yang bernama Louisa Sanoy untuk dijadikan istri.

Setelah saudara perempuan dari marga Sanoy itu menikah dengan Abdul Wahid Tamima lalu Louisa kemudian berpindah agama ke Muslim mengikuti suaminya, lalu mengganti nama menjadi Hajijah.

Abdul Wahid Tamima dan Louisa Sanoy atau Hajijah mempunyai anak perempuan yang bernama Nafisa Tamima Sanoy, beliau adalah ibunda dari Bupati Raja Ampat Abdul Faris Umlati.

“Jadi AFU sama sekali bukan pendatang, dia adalah orang asli Papua yang lahir dari rahim perempuan Papua dengan keturunan yang jelas,” tegas Abner Sanoy.

Kata Abner Sanoy, seluruh keluarga besar Sanoy di Pulau Waigeo menegaskan dan membuat pengakuan bahwa AFU adalah anak dari keluarga Sanoy yang benar-benar lahir dari rahim perempuan asli Papua.

“Kami keluarga besar Sanoy menegaskan dan membuat pengakuan bahwa anak Abdul Faris Umlati benar-benar lahir dari kandungan perempuan Papua,” tegasnya.

Masih menurut Abner, terkait dengan anak beranak maupun kemenakan, maka keluarga besar Sanoy tekankan bahwa AFU diperanakan dari keluarga Sanoy atau faktanya ibu dari AFU adalah perempuan Papua dari marga Sanoy.

“Secara Genetik AFU adalah anak asli Papua dengan garis keturunan marga Sanoy dari Kabare Waigeo Utara,” pungkasnya.

KENN

as

as