as
as

Jembatan Ring road Kota Jayapura Resmi Dioperasikan

gubpap resmi ringroad.png koreri
Penandatanganan prasasti peresmian oleh Gubernur Papua Lukas Enembe

Koreri.com, Jayapura – Jembatan lingkar Ring road, Kota Jayapura akhirnya resmi difungsikan menyusul diresmikan Gubernur Papua Lukas Enembe, Kamis (1/8/2019).

Dioperasikannnya jembatan tersebut berbarengan dengan diresmikan gedung II dan mess DPR Papua sekaligus launching maskot PON XX dan Sayembara Pembuatan Konten Digital Campaign PON XX dan PEPARNAS XVI.

Momen peresmian dan launching tersebut dipusatkan di kantor DPR Papua.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Provinsi Papua Girius One Yoman dalam sambutannya mengatakan pengerjaan jalan lingkar jembatan Ring road ini dimulai pada 2010 dan baru rampung pada 2019 dengan total panjang 3,7 KM.

Untuk pengerjaan dari Pantai Hamadi ke arah Wihara sepanjang 2,7 KM dikerjakan oleh Dinas PUPR Provinsi Papua dengan menyerap anggaran sebanyak Rp783.916.885.000.

“Sedangkan dari arah wihara ke Skylene sepanjang 0,57 KM dikerjakan oleh Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional Wilayah XVIII Papua dengan menyerap anggaran sebesar Rp234.986.128.000,” rincinya.

Diakui Yoman, dalam setiap pembangunan jalan dan jembatan selalu terhalang dimana pihaknya menunggu proses pembebasan lahan, dan pada titik inilah pembangunan infrastruktur jadi terhambat.

“Tetapi oleh kerja keras dari Pemerintah dan semua pihak terkait sehingga kendala-kendala itu bisa teratasi,” akuinya.

Dengan diresmikan jalan lingkar ini, diharapkan bisa memberikan manfaat terutama dalam kelancaran arus lalulintas serta menguranggi kemacetan di Kota Jayapura.

“Kami juga berharap dengan pengoperasian jembatan ini produktivitas perekonomian masyarakat khususnya untuk Kota Jayapura meningkat. Sekaligus mendukung suksesnya pelaksanaan PON XX tahun 2020 mendatang,” tukasnya.

Gubernur Papua Lukas Enembe mengatakan Kota Jayapura sekarang ini memiliki banyak kendaraan sehingga memicu kemacetan.

Dirinya berharap dengan dibukanya jembatan ini dapat mengurangi kemacetan yang terjadi Kota Jayapura.

Gubernur juga mengharapkan jembatan ini dapat dijaga dengan baik, masyarakat tidak buang ludah pinang sembarangan atau coret-coret pada tembok jembatan.

“Hari ini kita juga akan luncurkan retribusi e-money dari BNI sehingga kedepannya retribusi akan masuk ke daerah,” pungkasnya.

VMT

as