as
as

DKP Operasikan KN. Korase di Laut Utara Papua

Kapal KN Korase DKP Papua koreri
Asisten Bidang Perekonomian dan Kesra Sekda Papua, DR. Muhammad Musa'ad saat tes drive kapal pengawas KN. Korase di laut Kota Jayapura

Koreri.com, Jayapura – Kementerian Kelautan dan Perikanan RI menghibahkan 1 unit kapal pengawas khusus  untuk melakukan patroli pengawasan di wilayah Pengelolaan Perikanan (WPP) 1717.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Papua, Drs. F. X. Mote mengatakan kapal KN. Korase akan melakukan patroli dan pengawasan di laut utara Papua untuk mencegah upaya pencurian ikan.

“Jadi, kami optimis kapal ini bisa meminimalisir penangkapan ikan secara liar maupun pengambilan ikan tidak sesuai ijin penangkapan,” terangnya disela-sela peresmian kapal pengawas KN. Korase, di Galangan Kapal DKP Papua, Dok VII, Distrik Jayapura Utara, Kota Jayapura, pekan kemarin.

Menurut Mote, kapal pengawas yang dihibahkan  melalui dana DAK 2019  mampu beroperasi dengan kecepatan maksimal 50 knot per jam dilengkapi peralatan modern seperti GPS yang melacak letak karang dan dipastikan tak bakal kehilangan arah.

“Panjang kapal 16 meter dengan  kekuatan daya dorong 50 knot, motor tempel yang dipasang 250,20X3 dan kapal tersebut bisa jalan saat  situasi laut kurang bagus. Artinya bisa diketahui apa yang ada dalam laut dan apa yang orang lakukan di atas laut,” jelasnya.

Asisten Bidang Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat Sekda Papua, DR. Muhammad Musa’ad mengatakan akan mendorong agar kapal pengawas yang dihadirkan DKP mempunyai operasional khusus untuk merawat Kapal.

“Kami akan mendorong sebuah regulasi yang bisa mengatur operasional untuk merawat kapal pengawas, demi kelancaran program pemerintah dalam pengawasan perikanan,” bebernya.

Musa’ad  berharap kehadiran kapal pengawas KN. Korase ini dapat meminimalisir angka pencurian ikan di wilayah perairan Papua.

“Jadi, satu kapal yang sudah ada, kami harap bisa menekan pencurian ikan di wilayah peraian Papua,” katanya.

Kapal pengawas yang didatangkan DKP Papua menjadi awal yang baik untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Papua di bidang kelautan dan perikanan.

“Saya harap OPD lain ikut berinovasi untuk membuat terobosan nyata  agar seluruh kekayaan alam di Papua, dapat dicegah dari upaya pencurian bukan hanya di laut tapi juga di hutan seperti kayu, pertambangan dan masih banyak lagi,” pungkasnya.

VDM

as