as
as

Komunitas Gorontalo Tanam 1000 Bibit Pohon Buah di Batas RI-PNG

KKIG Papua Tanam Pohon

Koreri.com,  Jayapura – Komunitas warga Gorontalo di Papua menunjukkan cintanya kepada provinsi di ujung timur Indonesia ini.

Kumpulan warga yang tergabung dalam Dewan Pengurus Daerah Kerukunan Keluarga Indonesia Gorontalo ( KKIG) Provinsi Papua menggelar aksi tanam 1000 bibit pohon di sepanjang ruas jalan Skouw – Wutung, tepat dibatas Negara RI – PNG.

Tak sendiri, KKIG menggandeng Satgas Pengamanan Perbatasan Yonif 713 Satyatama Gorontalo.

Penanaman ribuan bibit pohon buah mangga, duren, kelengkeng juga pohon pinang ini dalam rangka memperingati  hari Patriotik ke – 78 tanggal 23 Januari 2020.

Selain itu juga, dalam rangka mendukung program penghijauan di wilayah perbatasan Negara yang sudah dicanangkan Pemerintah Kota Jayapura.

Ketua DPD KKIG Provinsi Papua,  Merlan Uloli, dalam pernyataannya mengatakan aksi tanam ribuan bibit pohon buah merupakan kolaborasi kerjasama dengan Satgas Yonif 713 /ST yang berasal dari Gorontalo dalam memberikan kontribusi mendukung program Pemerintah setempat.

“Jadi, pelaksanaan penghijauan hari ini merupakan kontribusi nyata dari kami warga KKIG di Provinsi Papua dalam menjaga lingkungan sesuai program pemerintah kota Jayapura menjadi bersih, indah, nyaman dan aman,” kata DR. Merlan Uloli kepada wartawan usia aksi penanaman pohon di Skouw – Wutung, Perbatasan RI – PNG, Sabtu (25/1/2020).

Menurutnya, bibit pohon buah yang di tanam ini bakal member manfaat positif bagi masyarakat kota Jayapura maupun warga yang berkunjung di batas negara RI – PNG.

“Kita berharap 1000 pohon ini bisa tumbuh dan berbuah, sehingga orang yang berkunjung ke wilayah perbatasan bisa menikmatinya, ” harapnya.

Sementara itu, Wali Kota Jayapura, DR. Benhur Tommi Mano, MM mengapresiasi aksi tanam pohon yang dilakukan KKIG Papua dan mengakuinya sebagai bukti nyata warga Gorontalo ikut berperan membangun Kota Jayapura.

“Jadi, tugas kita sebagai manusia adalah memelihara dan melestarikan alam yang diciptakan Tuhan,” tandasnya.

Tak lupa, Wali Kota berpesan soal kebersihan.

“Saya minta warga Gorontalo juga ikut menjaga kebersihan Kota Jayapura serta tidak boleh buang sampah sembarangan, ” pintanya.

Komandan Satgas 713/ST,  Letkol Inf Dony Gredinand mengatakan tidak ada kehidupan yang lebih nyaman selain menghirup udara yang segar.

“Dan kami Satgas siap mendukung baik itu pembangunan infrastruktur, ekonomi kerakyatan dan jika ada masyarakat yang mengalami kesulitan maupun kendala kami akan menjembatani, ” tukasnya.

VDM

as